Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Erick Thohir: 500 UMKM Sudah Bergabung di Sarinah

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 14 Juli 2022 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 14 620 2629715 erick-thohir-500-umkm-sudah-bergabung-di-sarinah-X5DbIrNVHr.JPG Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencatat ada 500 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah bergabung di Gedung Sarinah.

Rencananya jumlah ini akan terus diperluas.

Perluasan wadah UMKM ini difasilitasi Kementerian BUMN dan PT Sarinah (Persero) melalui pendirian Sarina Mini di sejumlah titik, salah satunya di bandar udara (bandara).

 BACA JUGA:Pengunjung Sarinah Capai 5 Juta Orang Sejak Dibuka Kembali, Erick Thohir: Alhamdulillah

Erick menilai langkah ini harus dilakukan agar produk UMKM semakin dikenal luas di dunia.

Kabar ini pun dilaporkan Erick kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian Gedung Sarinah, Kamis (14/7/2022).

"Dan ini sebagian kecil dari 500 UMKM yang sudah bergabung di gedung Sarinah ini Bapak, nah tentu ini kita tidak berpuas diri kita terus mendorong bagaimana sekarang kita membuat Sarinah-Sarinah mini yang nantinya di airport-airport Bapak, sebagai jendela untuk tadi produk lokal kita," ungkapnya.

Sarinah memang didesain menjadi hub (pusat) Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia.

Di mana, Sarinah akan difokuskan untuk mengembangkan produk-produk lokal. Meski begitu, produk-produk yang diwadahi Sarinah dikurasi secara ketat.

"Memang izin Bapak, kita cukup keras mengkurasi karena ini salah satu kepentingan bagaimana kita juga bisa membuktikan bahwa standar kita tidak kalah, asal kita mau mengetatkan dan alhamdulillah yang seperti bapak lihat ini produk-produk unggulan, yang saya yakin ke depan bisa go global, tetapi harus memastikan menguasai pasar Indonesia dulu Pak. Jadi kalau pasarnya sudah kuat baru kita bisa dorong mereka ke global," tuturnya.

Dalam skema pemasaran produk UMKM di pasar global, lanjut Erick, PT Sarinah akan menggandeng Dufry International Ltd.

Dengan kerja sama ini, produk UMKM Indonesia akan dijual di gerai Dufry.

Erick menyebut perusahaan yang bergerak di bidang travel ritel itu memiliki lebih dari 2.400 gerai di 420 lokasi yang tersebar di sejumlah negara.

Maka, dengan kemitraan Sarinah dan Dufry dipastikan pemasaran produk lokal akan diperdagangkan secara luas di dunia.

"Sarinah juga menjalin kemitraan dengan Dufry. Rantai Dufry terbesar dengan lebih dari 420 lokasi di seluruh dunia untuk menjual produk merek lokal Indonesia tertentu di gerai mereka secara global," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini