Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DBD Sulit Diberantas Tanpa Adanya Partisipasi Masyarakat

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2022 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 20 620 2633392 dbd-sulit-diberantas-tanpa-adanya-partisipasi-masyarakat-fdvKuFt7qS.jpg Ilustrasi Nyamuk Demam Berdarah. (Foto: Shutterstock)

CUACA pancaroba ini memang menyebabkan sejumlah penyakit, salah satunya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya, hujan dan panas menyebabkan banyak genangan air dan membuat banyak nyamuk demam berdarah.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS, mengatakan partisipasi masyarakat memberantas sarang nyamuk penting dalam mengatasi dan mencegah penyakit demam dengue.

"Peningkatan partisipasi masyarakat dan institusi ini paling penting untuk memberantas sarang nyamuk, perlu kesadaran masyarakat," kata Maxi seperti dilansir dari Antara.

Maxi menjelaskan, peningkatan partisipasi masyarakat dan institusi yang berkesinambungan merupakan satu dari enam strategi nasional penanggulangan dengue 2021-2025 di Indonesia.

Demam berdarah

Strategi lainnya adalah menguatkan manajemen vektor yang efektif, aman dan berkesinambungan. Kemudian, meningkatkan akses dan mutu tatalaksana dengue, penguatan surveilans dengue yang komprehensif serta manajemen Kejadian Luar Biasa yang responsif.

​

Selain itu, penguatan kebijakan manajemen program, kemitraan dan komitmen pemerintah serta pengembangan kajian, penelitian dan inovasi sebagai dasar kebijakan dan manajemen program berbasis bukti.

"Pengembangan vaksin dengue bisa menjadi salah satu inovasi yang ke depannya diharapkan dapat melindungi masyarakat dari penyakit dengue," imbuh dia.

Plt. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Tiffany Tiara Pakasi menambahkan, langkah pencegahan termasuk dalam strategi percepatan penanggulangan dengue.

​

Program 3M plus, Menguras, Menutup, Mendaur Ulang berikut berbagai kegiatan pencegahan lainnya seperti memelihara ikan pemakan jentik, memasang kawat di pintu dan ventilasi serta memberikan larvasida di tempat penampungan air diharapkan bisa membantu mengatasi penyakit ini.

Pencegahan juga dapat dilakukan lewat pengembangan imunisasi dengue yang ia harap bisa segera diakses secara luas oleh masyarakat.

Pemerintah saat ini sudah berupaya meningkatkan kesadaran soal pentingnya menangani dengue, mengajak partisipasi masyarakat seperti lewat Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik di mana Jumantik bertugas memantau jentik-jentik di sekitar rumah agar sarang-sarang nyamuk segera diberantas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini