Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Ada Vaksin Cacar, Menkes Sebut Cacar Monyet Tak Butuh Vaksin Khusus

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 10 Agustus 2022 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 620 2645362 sudah-ada-vaksin-cacar-menkes-sebut-cacar-monyet-tak-butuh-vaksin-khusus-5cXOkvE9sE.jpg Ilustrasi Vaksin Cacar Monyet. (Foto: Reuters)

VIRUS cacar monyet memang tengah menjadi darurat kesehatan global, setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) meilhat persebaran virus cacar monyet yang begitu masif. Tercatat, saat ini sudah ada 75 negara yang menyatakan terpapar virus cacar monyet.

Cacar monyet atau monkeypox pertama kali muncul di negara Republik Demokratik Kongo pada tahun 1970. Cacar monyet menyebar antarmanusia melalui percikan liur yang masuk melalui mata, mulut, hidung, atau luka di kulit. Penularan juga bisa terjadi melalui benda yang terkontaminasi, seperti pakaian penderita.

Virus cacar monyet sudah memiliki vaksin, tapi karena sudah lama tidak terjadi di banyak negara, vaksin tersebut akhirnya sangat jarang dimiliki. Bahkan, di Indonesia sendiri tidak ada vaksin khusus untuk cacar monyet.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin angkat suara soal kapan vaksin cacar monyet datang ke Indonesia. Menurutnya, untuk masyarakat yang sudah pernah mendapat vaksin smallpox, vaksin tersebut masih efektif menghalau cacar monyet.

"Untuk vaksin cacar monyet, mereka yang sudah pernah menerima vaksin smallpox tetap mendapat efek perlindungan dari virus monkeypox," terangnya saat diwawancarai MNC Portal di Kantor Google Indonesia.

Menkes Budi melanjutkan, beda dengan vaksin Covid-19, pada vaksin smallpox, siapapun yang sudah pernah mendapatkannya, efek vaksinnya akan bertahan seumur hidup.

"Beda dengan Covid-19 yang masa aktif antibodi yang terbentuknya itu ada batas waktu, nah kalau vaksin smallpox, siapapun yang menerimanya, efek perlindungan akan bertahan seumur hidup," papar Menkes Budi.

Dia tidak menjelaskan lebih detail apakah akan tetap mendatangkan vaksin cacar monyet ke Indonesia atau tidak. Namun, untuk saat ini pencegahan dengan perilaku hidup bersih dan sehat masih menjadi kunci mencegah terpapar virus penyakit.

Sebelumnya, Krisdayanti yang merupakan selebriti sekaligus anggota Komisi IX DPR RI berharap sekali agar Kementerian Kesehatan maupun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mendatangkan vaksin cacar monyet. Menurutnya itu penting untuk mencegah penyebaran virus di masyarakat.

Bagi Krisdayanti, upaya pencegahan itu diperlukan untuk mengantisipasi cacar monyet, sekalipun kasusnya belum terkonfirmasi di Indonesia.

"Lebih baik mencegah daripada mengobati. Tidak perlu tunggu sampai cacar monyet masuk ke Indonesia," kata Krisdayanti melalui konten video Instagram yang dibagikan beberapa hari lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini