Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Daftar Komplikasi Akibat Cacar Monyet, Kasus Kematian Rata-Rata Pasien Berusia Muda!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 22 Agustus 2022 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 22 620 2652143 ini-daftar-komplikasi-akibat-cacar-monyet-kasus-kematian-rata-rata-pasien-berusia-muda-5y3Hm0aepN.jpg Ilustrasi Cacar Monyet. (Foto: Reuters)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) akhirnya mengungkapkan temuan kasus cacar monyet pertama di Indonesia. Pasien pertama yang terkonfirmasi cacar monyet berasal dari DKI Jakarta.

Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril mengatakan satu warga positif terdeteksi positif cacar monyet tersebut merupakan laki-laki berusia 27 tahun. Dia pun menyebut penularan tersebut terjadi karena mereka berkontak langsung saat bepergian.

Meski demikian, angka kematian cacar monyet memang sangat rendah. Data Kemenkes melaporkan bahwa terjadi kasus kematian sebanyak 400 orang dari 39.708 kasus di seluruh dunia.

Tapi meskipun angka kematiannya kecil, penyakit ini memang tidak boleh disepelekan. Sebab, laporan global menunjukkan ada banyak komplikasi yang dapat terjadi akibat penyakit cacar monyet. Komplikasi yang cukup berat adalah kebutaan.

Berdasarkan laporan Webinar Kesehatan 'Indonesia Waspada Wabah Monkeypox' yang diselenggarakan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) beberapa waktu lalu, ada beberapa komplikasi yang terjadi akibat cacar monyet. Berikut daftarnya:

Kulit

1. Infeksi bakteri sekunder, selulitis

2. Skar atrofik

3. Hipopigmentasi atau hiperpigmentasi

Gastrointestinal

1. Muntah dan diare yang menyebabkan dehidrasi berat

2. Ulkus mulut dan esofagus pun menyebabkan dehidrasi

Mata

Infeksi kornea akibat adanya skar di kornea. Kalau tidak ditangani dengan benar, bisa menyebabkan buta permanen.

Paru

1. Bronkopneumonia

2. Respiratory distress

Reproduksi

Abortus

Sistemik

Sepsis dan syok sepsis

"Kasus kematian pada cacar monyet didominasi oleh pasien berusia muda, ensefalitis, dan limfoma (immunocompromised)," papar Ahli Kesehatan Kulit dan Kelamin Dr.dr. Eliza Miranda, SpKK(K).

Bagaimana cacar monyet bisa sebabkan kebutaan?

Disampaikan Ahli Infeksi dan Penyakit Tropis Anak dr Irma Rezky Ratu, Sp.A(K), komplikasi kebutaan akibat cacar monyet bisa terjadi kalau lesi muncul di area mata.

"Lesi cacar monyet itu bisa muncul di area mata. Kalau itu terjadi, bisa sebabkan radang kornea hingga akhirnya kebutaan," papar dr Irma di Live Instagram @idai_ig, beberapa waktu lalu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini