Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Minta Menkes Segera Siapkan Vaksin Cacar Monyet

Raka Dwi Novianto, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2022 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 23 620 2652651 presiden-jokowi-minta-menkes-segera-siapkan-vaksin-cacar-monyet-aApp6O0tkK.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Raka DN/MPI)
A A A

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mengantisipasi virus cacar monyet yang sudah masuk Indonesia. Paling utama, kata dia, adalah menyiapkan vaksin untuk penyakit cacar monyet.

"Ya sudah saya perintahkan kepada menkes. Yang pertama urusan vaksin segera," ujar Jokowi kepada wartawan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Selasa (23/8/2022).

Jokowi juga meminta agar bandara dan pelabuhan sebagai pintu masuk warga negara asing untuk diperketat pengecekan dan penjagaannya.

"Untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi kemudian gerbang-gerbang masuk ke negara kita betul-betul dicek secara ketat," kata Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap kasus pertama cacar monyet di Indonesia berasal dari Jakarta. Kasus ini dialami pria berusia 27 tahun yang memiliki riwayat perjalanan luar negeri.

Follow Berita Okezone di Google News

Konfirmasi kasus cacar monyet ini didasari pada tes PCR pasien yang menunjukkan hasil positif. Pasien kini dalam pemantauan tim medis dan menjalani perawatan di rumah atau isolasi mandiri.

"Pasien pertama yang terkonfirmasi cacar monyet berasal dari DKI Jakarta. Dia laki-laki berusia 27 tahun," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril saat konferensi pers virtual, Sabtu (20/8/2022).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini