Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lokasi Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk di Simprug Jaksel Ternyata Ruang Terbuka Hijau

Muhammad Refi Sandi, Jurnalis · Kamis 25 Agustus 2022 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 620 2654133 lokasi-kebakaran-pemukiman-padat-penduduk-di-simprug-jaksel-ternyata-ruang-terbuka-hijau-t9Ipq49fgJ.jpg Lokasi kebakaran di Simprug. (Foto: Ant)
A A A

JAKARTA - Lokasi kebakaran pemukiman padat penduduk di Jalan Simprug Golf 2, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Minggu (21/8/2022) siang sejatinya merupakan ruang terbuka hijau (RTH).

"Memang di Jakarta ini masih ada zona-zona hijau (RTH) atau tempat-tempat umum yang tidak seharusnya diperuntukkan perumahan, tetapi diisi (termasuk kawasan padat penduduk di Jalan Simprug Golf II)," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2022).

Ariza menyebut permasalahan pemukiman padat menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemprov DKI. Ia bakal mencari solusi dan salah satunya dengan pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) yang nantinya diprioritaskan bagi korban banjir hingga kebakaran.

"Memang itu menjadi pekerjaan rumah kita bersama. Di Jakarta ini, PR-nya kita bersama untuk memastikan kehadiran RTH, termasuk zona hijau. Solusi itu akan kami carikan yang pasti kami terus melakuakn pembangunan rusunawa," ujarnya.

Lebih lanjut, Ariza mengaku masih mencari lokasi relokasi korban kebakaran di Simprug itu. Sebab, harus melihat stok ketersedian di setiap Rusunawa.

"Nanti dilihat stoknya ada di (Rusunawa) mana," tuturnya.

Sebelumnya, Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan mencatat, sejauh ini total sudah ada 175 dokumen kependudukan yang telah dicetak baru guna mengganti dokumen kependudukan milik warga terdampak kebakaran di Jalan Simprug Golf 2, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

"Pelayanan hari kedua atau Selasa, 23 Agustus kemarin pasca kebakaran di RW 08 Grogol Selatan tercetak 46 dokumen, terdiri dari 34 KTP dan 12 KK," ujar Kasudin Dukcapil Jakarta Selatan, M Nurrahman saat dikonfirmasi, Rabu (24/8/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Menurutnya, 46 dokumen yang dicetak baru itu berdasarkan 47 permohonan yang diajukan oleh warga terdampak, terdiri dari permohonan KTP sebanyak 34, KK sebanyak 12, dan Akta Kelahiran sebanyak 1. Data itu berdasarkan catatan Sudin Dukcapil Jakarta Selatan pada Selasa, 23 Agustus 2022 kemarin.

"Sedangkan permohonan hari Senin sudah tercetak semuanya, yang mana ada permohonan 129," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini