Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mungkinkah Pandemi Selesai Tahun Depan? Begini Jawaban Kemenkes

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 25 Agustus 2022 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 620 2654213 mungkinkah-pandemi-selesai-tahun-depan-begini-jawaban-kemenkes-ecTq2W75dz.jpg Ilustrasi Pandemi Covid-19. (Foto: Freepik)

ANGKA Covid-19 di Indonesia memang mulai kembali stabil, setelah sempat melonjak beberapa minggu kemarin. Hal ini tentu saja membuat banyak orang bertanya, apakah Indonesia akan segera mencabut status pandemi Covid-19.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS mengatakan, status pandemi memang masih tergantung dari situasi di Indonesia. Pasalnya, saat ini Covid-19 masih terus bermutasi bahkan hingga sub-variannya.

Adapun subvarian Omicron yang saat ini paling banyak menyebar adalah BA.4 dan BA.5. Maka penentuan usai tidaknya Covid-19 dari peningkatan kasus di negara itu.

"Januari tahun depan? Ya semoga. Sangat tergantung daripada peningkatan kasus dengan adanya sub varian baru jadi Indonesia bisa bebas bisa," kata Maxi kepada wartawan di kompleks parlemen Senayan.

Namun peningkatan kasus Covid-19, juga dilihat dari perkembangan di negara lain juga. Sehingga bisa mempengaruhi perkembangan kasus Covid-19 di negara lain, seperti Indonesia. "Tapi kan negara lain kalau ada negara yang masih tinggi, kecenderungan ada varian-varian baru kita sulit," sambung dia.

Kendati demikian, status pandemi Covid-19 berakhir atau berpindah menjadi endemi bakal ditentukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sementara Indonesia, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan saat ini Indonesia sedang masuk transisi menuju endemi.

"Yang saya tahu Pak Menteri menyampaikan kita sudah menyiapkan transisi, transisi ke endemi. Kalau level 1 terus itu sudah 6 bulan berturut-turut, tapi kita kan naik lagi kasus," jelas Maxi.

Sekadar informasi, Kasus konfirmasi positif virus corona (Covid-19) di Indonesia pada 24 Agustus mencatatkan penambahan 5.428. DKI Jakarta menjadi provinsi dengan kasus Covid-19 tertinggi hari ini.

Berdasarkan data yang dilihat dari website http://covid19.go.id, DKI Jakarta menyumbang sebanyak 2.307 kasus. Posisi berikutnya Jawa Barat dengan 1.121 kasus dan Banten dengan 669 kasus.

Kasus konfirmasi positif hari ini hasil tracing melalui pemeriksaan sebanyak 102.217 spesimen yang dilakukan dengan metode real time polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM). Selain itu, pasien sembuh dari Covid-19 bertambah 5.550 orang. Sejauh ini, sebanyak 6.123.342 orang telah sembuh dari Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini