Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Percepat Vaksinasi Booster dan Tes PCR Cara Paling Efektif Tekan Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 02 September 2022 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 02 620 2659772 percepat-vaksinasi-booster-dan-tes-pcr-cara-paling-efektif-tekan-covid-19-edCoVptQBv.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LANGKAH preventif harus bisa dilakukan guna mencegah kenaikan kasus Covid-19. Salah satu caranya adalah vaksin booster dan melakukan pemeriksaan PCR Covid-19 jika memiliki gejala. Tes PCR memang penting supaya virus tidak menyebar semakin luas di masyarakat.

Dijelaskan dr Sony Adam selaky Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, dalam seminggu terakhir sudah terjadi penambahan kasus Covid-19 di wilayahnya. Meski demikian, sampai saat ini tidak ada kasus meninggal yang dilaporkan.

"Peningkatan kasus konfirmasi selain karena tingginya mobilitas masyarakat, juga akibat adanya penularan varian Omicron yaitu BA.4 dan BA.5," terangnya dalam keterangan resmi.

Dari laporan tersebut, dr Sony meminta kepada semua masyarakat, termasuk sektor swasta, untuk dapat berkontribusi dan berperan aktif dalam akselerasi percepatan vaksinasi booster. Itu kenapa sentra vaksinasi booster yang dibuat oleh pihak swasta amat bermakna bagi percepatan ini.

"Kami harapkan dengan hadirnya sentra vaksinasi booster seperti yang dibuat oleh Mayapada Hospital dan Indolab dapat membantu kami mencapai target ideal cakupan vaksinasi booster, sehingga penularan virus dapat terus diminimalisir," tambahnya.

Di sisi lain, Dr.dr. Agung Dinasti Permana, SpTHT-KL selaku Manajer Korporasi Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung menerangkan bahwa penting untuk masyarakat tetap melakukan tes PCR Covid-19 jika bergejala.

Dengan mengetahui status Covid-19, lanjutnya, bukan hanya memaksimalkan terapi pengobatan yang diterima pasien bergejala, juga dapat menekan penyebaran virus. "Dengan begitu, kondisi pulih bisa segera tercapai," terangnya.

Sementara itu, Jonathan Tahir, Group CEO Mayapada Healthcare (MH) mengatakan, dalam upaya memerangi kasus Covid-19 yang masih memperlihatkan peningkatan, diperlukan program pemeriksaan PCR yang lebih mudah diakses oleh masyarakat, pun juga akses vaksin boosternya.

"Pemeriksaan PCR Covid-19 dan vaksin gratis untuk masyarakat akan sangat membantu mempercepat pemulihan dan pemberantasan Covid-19 secara merata," tambahnya.

Kementerian Kesehatan melaporkan per 31 Agustus 2022 kasus konfirmasi Covid-19 secara nasional sebanyak 4.563 dengan pasien sembuh bertambah 4.384 orang. Kenaikan kasus ini pun terjadi secara regional di Bandung, Jawa Barat.

Peningkatan kasus Covid-19 di Bandung terjadi pada Juni hingga Agustus, dengan kasus harian tertinggi terjadi pada 23 Agustus 2022 yaitu 207 kasus. Ini tentu harus diwaspadai bersama, khususnya meningkatkan upaya pencegahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini