Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Ungkap Tantangan Pengembangan Mobil Listrik di RI

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Kamis 29 September 2022 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 620 2677388 menhub-ungkap-tantangan-pengembangan-mobil-listrik-di-ri-PebnwiELJj.jpg Menhub soal Tantangan Mobil Listrik (Foto: Antara)
A A A

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkap tantangan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Salah satu tantangan terbesarnya adalah membangun ekosistem kendaraan listrik.

Budi menjelaskan, sebelum masyarakat memakai kendaraan listrik, perlu dibangun sebuah ekosistem mulai banyaknya charging station, hingga depot service baterai yang tersedia di banyak tempat, sehingga masyarakat bisa nyaman menggunakan kendaraan listrik.

"Kita melihat apa yang dirasakan, misal saya beli kendaraan listrik, ngecasnya di mana, di rumah saya misalnya listrik 450 Watt, kita harus mempunyai solusi, sebelum mereka beli dan memasang," ujar Menhub dalam Market Review IDXChannel, Kamis (29/9/2022).

BACA JUGA: Ini Kendala Daerah jika Mobil Listrik Jadi Kendaraan Dinas 

Menhub menambahkan, salah satu yang masih menjadi kendala adalah masalah baterai kendaraan listrik, baik dari sisi kapasitas hingga harganya.

"Jadi bateri dan charger itu jadi masalah yang utama bagaimana kita menyelesaikan masalah itu, baterai harus lebih murah tetapi daya jelajahnya tinggi. Baterai harus murah tetapi umurnya panjang, bateri harus gampang diganti di depot, bahkan supermarket yang ada di jalan itu bisa kita lakukan itu," sambungnya.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Karena kalau baterai tersebut sudah mempunyai harga yang murah dan terjangkau, Menhub optimis masyarakat mulai banyak yang minat menggunakan kendaraan listrik.

"Kalau baterai sudah murah, punya daya tahan, charging station yang ada juga murah, dan bisa diganti (baterai), lalu kita bisa membuat mesin, saya pikir ini akan menjadi satu titik yang berjumpa, masyarakat akan lebih banyak yang menggunakan," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini