Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga CPO Naik, Langsung Diborong Pembeli

Dinar Fitra Maghiszha, Jurnalis · Rabu 12 Oktober 2022 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 12 620 2685488 harga-cpo-naik-langsung-diborong-pembeli-ZMy2ossbaq.jpg CPO. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Harga minyak sawit mentah / crude palm oil (CPO) naik pada perdagangan hari ini, Rabu (12/10/2022), terdongkrak oleh kenaikan pembelian dari India menyusul harga yang lebih rendah di pasaran, dengan selisih yang cukup jauh dibandingkan minyak nabati lainnya.

Data Bursa Malaysia Derivatives Berhad (BMD) hingga pukul 11.06 WIB menunjukkan harga CPO kontrak Desember tumbuh 1,38% di MYR3.743 per ton, sedangkan untuk harga spot berada di level MYR3.484 per ton.

Sejumlah pedagang CPO di Malaysia mengatakan pembelian minyak sawit global meningkat di kuartal terakhir tahun ini karena memanfaatkan harga yang murah dari para produsen baik Negeri Jiran maupun Indonesia, sebagai produsen utama.

 BACA JUGA:Harga CPO Malaysia Anjlok Nyaris 7%

Harga yang murah membuat CPO menyaingi jenis minyak nabati lainnya seperti minyak kedelai dan minyak biji bunga matahari.

"Permintaan CPO telah meningkat di hampir setiap negara. Para pedagang membeli lebih banyak baik untuk tujuan makanan atau untuk biofuel," kata Importir CPO Gemini Edibles, Pradeep Chowdhry, dilansir Reuters, Rabu (12/10/2022).

Diskon tertinggi dalam satu dekade akan mengalihkan permintaan pelanggan yang biasanya membeli minyak kedelai dan minyak bunga matahari, kini beralih ke minyak sawit.

Follow Berita Okezone di Google News

Kondisi ini akan membantu produsen utama Indonesia dan Malaysia menurunkan stok mereka, sekaligus membuat harganya meningkat.

Diketahui, harga CPO untuk pengiriman ke India pada bulan November ditawarkan dengan harga USD941 per ton.

Nominal tersebut sudah termasuk biaya, asuransi dan pengiriman (CIF). Harga itu lebih murah jika dibandingkan harga minyak kedelai mentah sebesar USD1.364 per ton.

Diskon sebesar USD423 per ton itu adalah yang terbesar dalam 10 tahun, kata para dealer, sedangkan setahun yang lalu, selisih harga CPO terhadap minyak kedelai masih sekitar USD100 per ton.

Adapun minyak bunga matahari / sunfloweer oil ditawarkan dengan harga USD1.400 per ton.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini