Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Baru Diluncurkan Presiden Jokowi, Ini 5 Fakta Seputar Vaksin dalam Negeri Indovac

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 13 Oktober 2022 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 13 620 2686422 baru-diluncurkan-presiden-jokowi-ini-5-fakta-seputar-vaksin-dalam-negeri-indovac-FZwgpnOyLg.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Shutterstock)
A A A

INDONESIA akhirnya berhasil memproduksi vaksin Covid-19 sendiri. Pasalnya, selama ini vaksin Covid-19 kerap didapat dari luar negeri atau hibah dari negara lain.

Tapi, kini Indonesia memiliki vaksin dalam negeri yang disebut Vaksin IndoVac, produksi PT Bio Farma. Vaksin Covid-19 IndoVac pun akhirnya diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo.

Di kesempatan tersebut, Presiden Jokowi berharap dari peluncuran vaksin IndoVac ini Indonesia bisa lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan vaksin nasional. Bahkan ada harapan bahwa vaksin ini bisa diekspor ke luar negeri.

"Pak Menteri BUMN, Pak Menteri Kesehatan, dorong terus Bio Farma sehingga nanti akan betul-betul menghasilkan revenue yang semakin besar bagi negara dan kita memiliki kemandirian, berdikari betul di dalam urusan vaksin," kata Jokowi dikutip dari laman resmi Setkab.

Vaksin IndoVac hadir untuk memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 di Indonesia. Vaksin ini sepenuhnya diproduksi di Indonesia, meski pengembangan awalnya bekerja sama dengan Baylor College of Medicine, Amerika Serikat.

Untuk lebih jelasnya, MNC Portal coba merangkum 5 fakta vaksin IndoVac produksi PT Bio Farma dalam penuturan berikut ini:

Penerima vaksin IndoVac

Vaksin IndoVac diberikan 2 dosis kepada masyarakat berusia 18 tahun ke atas dengan interval 28 hari.

Efek samping vaksin IndoVac

Terkait efek samping, menurut penilaian BPOM vaksin ini efek sampingnya dikategorikan ringan, dengan gejala yang dilaporkan kebanyakan nyeri di tempat suntikan.

Follow Berita Okezone di Google News

Jenis vaksin

Vaksin IndoVac dibuat dengan platform rekombinan protein subunit. Vaksin ini diklaim bisa mencegah Covid-19 varian Omicron dan turunannya.

Sudah kantongi EUA BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA) vaksin IndoVac per Jumat, 30 September 2022. Dengan adanya EUA, artinya vaksin sudah layak diberikan ke masyarakat.

Efikasi vaksin IndoVac sangat tinggi

Satu kebanggaan yang perlu disampaikan bahwa vaksin IndoVac ini punya efikasi 92% dalam mencegah infeksi Covid-19. Keamanan vaksin pun terjamin dengan tidak adanya laporan kematian selama proses uji klinis dilakukan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini