Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gelaran B20, RI Siap Perkuat Perdagangan dan Investasi

Heri Purnomo, Jurnalis · Senin 24 Oktober 2022 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 24 620 2693324 gelaran-b20-ri-siap-perkuat-perdagangan-dan-investasi-e6EnAFCPH9.JPG Investasi. (Foto: Freepik)
A A A

JAKARTA - Acara The Business 20 (B20) bakal mendorong UMKM sebagai topik utama dalam pemulihan ekonomi nasional dan global.

Chair of B20 Indonesia Shinta Widjaja Kamdani mengungkapkan kalau hal ini sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi dan pembangunan global.

"Dari B20 itu kan outputnya selalu memberikan policy rekomendasi kepada pemerintah. Oleh karena itu di B20 sendiri itu kita ada yang namanya legacy program, jadi sesuatu yang lebih dari policy. Jadi kita bisa drive yang berkaitan denga UMKM yang selama ini tidak terlalu banyak dibahas dan ini menjadi salah satu pembahasan utama juga di B20," ujarnya dalam Market Review IDX Channel, Senin (24/10/2022).

 BACA JUGA:Gelaran B20 Summit, Tingkatkan Pelaku UMKM hingga Pengusaha Wanita

"Ini supaya UMKM menjadi bagian dari supply chain juga dari perusahaan- perusahaan besar, tapi juga bagaimana UMKM bisa manjadi bisnis matching. Dan itu akan di bawa sebagai legacy B20," tambahnya.

Shinta juga mengatakan akan ada pemberdayaan perempuan yang dapat mempunyai peran strategis dalam memulihkan kondisi ekonomi dengan menjadi partisipan.

"Kita juga memberikan kesempatan kepada women bisnis, untuk pengembangan UMKM perempuan mulai dari aspek digitalisasi, aspek peningkatan kapasitas, dan regulasi terhadap perkembangan pemberdayaan perempuan," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Lebih lanjut, Shinta mengatakan bahwa legacy tersebut sudah mendapatkan komitmen dari perusahaan dan organisasi global yang menjadi peserta dari B20 ini.

"Jadi nanti selain policy, kita akan sampaikan juga legacy program pada saat G20 mendatang," bebernya.

Adapun, Shinta mengatakan bahwa dalam forum B20 ini menjadi momentum untuk Indonesia dapat menggaet investor di berbagi sektor.

"Nah ini peluang di Indonesia ini sangat besar untuk investasi yang berkelanjutan, nah ini yang sebenarnya kita persiapkan untuk para calon investor," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini