Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Turunkan Kemiskinan Ekstrem Lewat Infrastruktur, Begini Jurus Menteri PUPR

Antara, Jurnalis · Senin 31 Oktober 2022 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 31 620 2698190 turunkan-kemiskinan-ekstrem-lewat-infrastruktur-begini-jurus-menteri-pupr-1nZ0sxgbsr.jpg Turunkan Kemiskinan Lewat Infrastruktur (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat penurunan kemiskinan ekstrem dan stunting di tahun 2024 melalui intervensi infrastruktur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, salah satu bentuk kolaborasi penataan kawasan secara terpadu salah satunya adalah penanganan kemiskinan ekstrim, yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

“Dalam implementasinya, Kementerian PUPR akan meningkatkan pelaksanaan program infrastruktur berbasis masyarakat berdasarkan master plan yang disusun bersama dengan pemangku kepentingan lainnya,” ujar Menteri Basuki dalam Rapat Koordinasi Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (Rakorbangwil) Bidang PUPR Tahun 2022 di Jakarta, Senin (31/10/2022).

 BACA JUGA:Kejar Target Hapus Kemiskinan Ekstrem RI, Wapres: Kita Beri Bansos dan Jaminan Sosial

Intervensi infrastruktur PUPR sangat penting dalam rangka mempercepat penurunan kemiskinan ekstrem dan stunting di tahun 2024.

Sinergi dengan kementerian/lembaga lain seperti Kementerian Sosial dan pemda juga penting dalam keberhasilan penanganan program tersebut.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dalam kesempatan sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan Kementerian PUPR memiliki peran penting dalam penanganan kemiskinan ekstrem dan stunting melalui strategi kantong kemiskinan.

Beberapa peran Kementerian PUPR yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat diantaranya melalui penyediaan sekitar 55 ribu unit rumah layak huni, penyediaan sanitasi dasar dan sumber air minum di 17 lokasi kantong kemiskinan, serta pembangunan 9 lokasi pilot project kolaboratif bersama pemerintah daerah dan swasta.

“Apresiasi dan terima kasih atas upaya Kementerian PUPR dalam percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem yang tentunya juga membantu dalam penyelesaiannya stunting. Selanjutnya, mari kita bersama-sama menyiapkan infrastruktur kemasyarakatan yang dapat memberikan dampak langsung pada kemakmuran rakyat,” kata Muhadjir.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini