Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai Fomepizole untuk Obati Gagal Ginjal Akut, 95% Pasien Kondisinya Membaik

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 03 November 2022 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 03 620 2700466 pakai-fomepizole-untuk-obati-gagal-ginjal-akut-95-pasien-kondisinya-membaik-nD0C7onMlH.jpg Ilustrasi Fomepizole. (Foto: Shutterstock)
A A A

GUNA mengatasi kasus gagal ginjal akut misterius pada anak, pemerintah pun menggunakan Fomepizole yang didatangkan dari berbagai negara. Berdasarkan hasil pemberian Fomepizole ke pasien di RSCM, sekitar 95% menunjukkan perbaikan.

Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril mengatakan, sebagian besar pasien di RSCM yang telah disuntikkan, berangsur membaik bahkan menunjukkan harapan sembuh.

"Penggunaan fomepizole menunjukkan 95% pasien anak di RSCM, menunjukkan perkembangan yang terus membaik. Artinya efikasinya baik dalam memberikan kesembuhan," kata dia dalam keterangannya diterima MNC Portal, Kamis (3/11/2022)

Penggunaan penawar atau antidote Fomepizole di Indonesia, pastinya karena rekomendasi dari organisasi kesehatan dunia (WHO). Sehingga bukan berdasarkan asumsi atau kepentingan tertentu.

Faktanya dalam penggunaan pasien di RSCM, hasilnya menunjukkan perbaikan. Sebagian besar berangsur membaik, dikatakan Syahril. "Kami sampaikam tidak ada komersialiasi obat-obatan oleh Kemenkes, tetapi semata-mata hanya untuk menyelamatkan anak anak," jelasnya

Sehubungan dengan Fomepizole, dalam penggunaannya tidak secara lama diberikan kepada pasien. Untuk dosisnya, dr Syahril mengatakan hanya diberikan 5 kali penyuntikan untuk setiap pasiennya.

"Jadi dari aturan pemakaiannya memang sebanyak 5 kali penyuntikan dan di rscm sudah dilakukan 3 kali dan ada yang 4 kali hasilnya menunjukkan perbaikan. Kita akan setop untuk penggunaan antidote ini karena tidak gunakan secara terus-menerus," ucap Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril.

Menurutnya, pertimbangan pemberian fomepizol karena setelah pemberiannya, pasien terus membaik dan ini membuktikan pengobatannnya efektif menyembuhkan dan mengurangi perburukan gejala.

Follow Berita Okezone di Google News

"Kami sampaikan tidak ada komersialiasi obat-obatan oleh Kemenkes, tetapi semata mata hanya untuk menyelamatkan anak-anak," jelas dia dalam keterangannya diterima MNC Portal.

Sebelumnya, Syahril menyebut obat Fomepizole ini ditanggung oleh pemerintah. Penawar ini bernama Fomepizole tersebut, didatangkan dari Singapura, Australia, Jepang, dan lainnya.

Sebagaimana diketahui, gagal ginjal akut misterius di Indonesia, diduga kuat karena obat sirup. Obat sirup yang tercemar dengan senyawa etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG).

Sementara Fomepizole atau nama lainnya Antizol merupakan penghambat alkohol dehidrogenase. Digunakan sebagai penangkal racun, bagi mereka yang keracunan metanol atau etilen glikol (EG) yang dikonfirmasi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini