Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Akhir Tahun, Kemenkes Bersiap Hadapi Kenaikan Covid-19

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 11 November 2022 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 620 2705802 jelang-akhir-tahun-kemenkes-bersiap-hadapi-kenaikan-covid-19-LbpVAiQPRe.jpg Ilustrasi Covid-19. (Foto: Freepik)
A A A

ANGKA Covid-19 di Indonesia memang mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir. Varian omicron baru XBB pun dituding menjadi biang kerok kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia.

Meski demikian, angka kenaikan ini memang belum terlalu mengkhawatirkan. Pasalnya, saat ini mereka yang dirawat di Wisma Atlet jumlahnya sangat sedikit.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan saat ini, wisma atlet masih beroperasi. Namun jumlah kasusnya tidak terlalu banyak, yang berdasarkan data kemarin hanya 1,00% atau 38 pasien.

"Kalau kita lihat sampai sekarang masih ada yang masuk wisma atlet beberapa," terang Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam Acara Penghargaan Tenaga Kesehatan di Jakarta.

Oleh karena itu, dia pun mengimbau agar masyarakat selalu menggunakan masker. Baik saat di tengah konser musik ataupun keramaian. "Sebaiknya pakai masker saat di keramaian," katanya.

Penegakan prokes selalu digaungkan, sebab saat ini jumlah kasus Covid-19 kembali mengalami kenaikan. Kasus harian tembus sampai 6.000-an, hal ini seiring dengan masuknya varian Omicron XBB.

Follow Berita Okezone di Google News

Dugaan kasus naik Covid-19 akibat varian Omicron XBB, disampaikan oleh Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril. Menurutnya hal ini bisa terjadi karena melihat lonjakan kasus di negara tetangga yaitu Singapura.

Kenaikan kasus di Singapura sempat menembus 18.000 kasus, didominasi varian XBB ini. Dengan begitu, ia meminta agar masyarakat segera melakukan vaksinasi Covid-19 yaitu booster. Sebagaimana diketahui, booster atau vaksin merupakan langkah untuk melindungi diri, dari kegawatdaruratan bila terinfeksi virus Covid-19.

"Meskipun ada varian baru tapi tidak terlalu berat dan tidak sebabkan meninggal. Ada 28 negara laporkan XBB ya seperti Singapura pernah sampai 18.000 kasusnya tapi juga cepat turunnya," jelas dia.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menyebut, kemungkinan akhir tahun akan ada peningkatan angka Covid-19. Sehubungan dengan itu, Nadia mengimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi booster Covid-19.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini