Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produsen Motor Italia Bangun Pabrik di Indonesia, Menperin: Bukti Industri Terus Ekspansi

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Kamis 24 November 2022 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 620 2713896 produsen-motor-italia-bangun-pabrik-di-indonesia-menperin-bukti-industri-terus-berekspansi-oG62cPdtIm.jpg Piaggio Bangun Pabrik di Indonesia. (Foto: Okezone.com)
A A A

JAKARTA - Produsen sepeda motor asal Italia, PT Piaggio Indonesia resmi memiliki pabrik di Tanah Air. Hal ini pun menjadi angin segar bagi iklim usaha bagi industri otomotif yang semakin kondusif di Indonesia.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menguncapkan apresiasi atas investasi baru, pembukaan lapangan kerja, peningkatan produksi kendaraan roda dua, serta peningkatan nilai tambah di dalam negeri dengan pembukaan pabrik baru tersebut.

"Semoga pabrik yang sudah diresmikan ini menjadi tonggak baru dalam peningkatan kerja sama Indonesia dan Italia," ujar Menperin, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Piaggio dan Zongshen Kembangkan Mesin Skuter 150cc Terbaru, Dirilis Tahun Ini

Menperin menuturkan, pendirian pabrik dan produksi Vespa yang dilakukan oleh PT Piaggio Indonesia merupakan salah satu contoh gambaran kondisi sektor industri yang saat ini optimis dan terus berkembang.

“Pendirian pabrik ini menjadi bukti bahwa industri terus berekspansi dan berkontribusi tehadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga: Skuter Roda Tiga Piaggio MP3 Hpe Sport Resmi Diluncurkan, Desainnya Mantap

Ekonomi Indonesia menunjukkan optimisme serta perbaikan yang dapat dilihat dari pertumbuhan positif mencapai 5,72% pada triwulan III – 2022. Sementara itu, industri manufaktur non-migas tumbuh 4,83% dan pertumbuhan industri transportasi mencapai 10,26% (yoy).

Pertumbuhan industri transportasi tidak terlepas dari kontribusi sektor otomotif, khususnya sektor kendaraan roda dua yang telah mencapai penjualan domestik sebesar 4,1 juta unit dan ekspor sebesar 640 ribu unit (CBU) pada periode Januari-Oktober 2022.

Agus mengatakan, Kemenperin memiliki komitmen tinggi untuk mendukung kesuksesan Piaggio Group di Indonesia, dukungan tersebut diberikan dalam bentuk tax allowance kepada perusahaan tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Menperin meminta PT Piaggio Indonesia untuk mendorong peningkatan penggunaan komponen lokal, khususnya komponen produksi Industri Kecil Menengah (IKM).

“Kami mengharapkan Piaggio Indonesia dapat mendukung IKM komponen masuk ke dalam global supply chainPiaggio serta mendukung peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN),” ucap Menperin.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini