Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fit and Proper Test Laksamana Yudo Margono, Pemilu 2024 hingga Laut China Selatan Bakal Jadi Sorotan

Kiswondari, Jurnalis · Rabu 30 November 2022 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 620 2717881 fit-and-proper-test-laksamana-yudo-margono-pemilu-2024-hingga-laut-china-selatan-bakal-jadi-sorotan-AYAa9Utkvb.jpg Laksamana Yudo Margono. (Foto: TNI AL)
A A A

JAKARTA – Laksamana Yudo Margono telah resmi diajukan sebagai calon tunggal Panglima TNI. Surat Presiden (Supres) telah diterima DPR RI pada Senin (28/11/2022).

Selanjutnya, DPR RI kemungkinan akan melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu. Anggota Komisi I DPR RI Ahmad Rizki Sadig mengatakan, dirinya akan menanyakan soal masa jabatan Yudo yang hanya setahun sebagaimana Jenderal Andika Perkasa.

Sementara itu, dia menjelaskan, tahun 2023 awal sudah memasuki tahapan Pemilu 2024. Ahmad menyebutkan, bagaimana konsolidasi prajurit dan juga apa yang akan dipersiapkan dalam rangka pemilu akan menjadi sorotan.

“Meskipun pada saat pensiunnya beliau lalu presiden enggak melakukan perpanjangan misalnya, lalu enggak melakukan proses pergantian lagi, ya itu tidak menjadi kendala berarti dalam proses pelaksanaan pemilu 2024. Saya kira itu yang menarik yang akan saya diskusikan,” kata Rizki saat dihubungi, Rabu (30/11/2022).

Selain itu, soal tantangan-tantangan regional maupun tantangan internasional juga akan ditanyakan. Dengan calon Panglima TNI ini berasal dari matra laut dan luasnya perairan Indonesia, akan dibahas juga mengenai tantangan keamanan perairan di kawasan regional dan internasional.

“Beliau punya track record yang baik untuk problem di Cina Selatan yang bisa diredam dengan baik, negosiasi yang baik, itu yang menjadi landasan untuk menjaga perairan Indonesia dalam segala macam hal-hal yang merugikan,” terangnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Menurutnya, Komisi I DPR menilai bahwa penunjukkan Yudo Margono yang berasal dari matra laut merupakan pilihan yang tepat di waktu yang tepat. Karena, Komisi I juga sudah seringkali mendiskusikan bahwa walaupun itu tidak menjadi ketentuan, tapi pergantian antar matra untuk Panglima TNI menjadi sebuah saran.

“Sehingga usulan presiden untuk memilih pak Yudo sebagai calon Panglima yang akan datang dapat melakukan proses lanjutan di DPR saya kira ini sesuatu yang menarik, ini perlu diapresiasi dan sudah tepat karena rekam jejak beliau juga cukup baik lah,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, surpres baru tiba minggu ini sehingga tidak perlu diburu-buru untuk uji kelayakan. Tinggal menunggu digelar Rapat Pimpinan (Rapim), Badan Musyawarah (Bamus), kemudian penugasan di Komisi I DPR. Sehingga maksimal keputusan dilakukan pekan depan.

“Saya kira maksimal minggu ini atau minggu depan, kita baru berakhir tanggal 15 Desember dan waktunya pensiun pak Andika masih sampai akhir Desember. Fit and proper kan tidak lebih dari 2-3 hari,” ungkap dia.  

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini