Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Bandang, Empat Jembatan Rusak di Kupang

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 13 Januari 2023 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 13 620 2745524 banjir-bandang-empat-jembatan-rusak-di-kupang-W29vSIQjtG.jpg Jembatan rusak akibat banjir bandang. (Foto: Ant)
A A A

KUPANG - Terdapat empat jembatan rusak akibat terjangan banjir bandang yang melanda sejumlah wilayah daerah di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 25 Desember 2022.

"Sesuai data yang diterima BPBD terdapat empat jembatan yang mengalami kerusakan sebagai dampak bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Kupang pada 25-31 Desember 2022," kata Wakil Komandan 2 Posko Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi Kabupaten Kupang Elfrid V. Saneh di Kupang, dilansir dari Antara, Jumat (13/1/2023).

Dia mengatakan hal itu terkait upaya Pemerintah dalam memperbaiki berbagai fasilitas umum yang rusak akibat terjangan banjir.

Empat unit jembatan yang mengalami kerusakan akibat terjangan banjir di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Oecusse Timor Leste itu yakni Jembatan Nunpisa Oelatimo, Kecamatan Kupang Timur.

Sementara jembatan yang berada di ruas jalan yang menghubungkan Sulamu-Oelamasi ibu kota Kabupaten Kupang pata setelah terjenggan air banjir yang meluap dari sungai Batu Merah pada 31 Desember 2022.

Jembatan Kapsali Manubelon di Desa Manubelon Kecamatan Amfoang Barat Daya juga mengalami rusak berat karena terjangan air banjir dari sungai sehingga sempat memutuskan akses transportasi menuju wilayah Amfoang.

"Pemerintah Kabupaten Kupang sudah memperbaiki jembatan secara darurat agar akses transportasi bisa tepat melintas," kata dia.

Begitu juga jembatan Takari-Lelogama di Kecamatan Takari juga rusak berat namun sudah diperbaiki secara darurat sehingga kendaraan umum yang muatan terbatas bisa melintas di jembatan tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

"Sedangkan jembatan Siumate mengalami rusak ringan dan sudah dilakukan normalisasi berupa pembersihan berbagai material penghambat aliran air sehingga aliran air menjadi lancar. Semula di jembatan itu banyak material seperti batang-batang pohon yang tersangkut di saluran air sehingga aliran air banjir meluar merendam rumah warga," katanya.

Dirinya menambahkan kerusakan juga pada infrastruktur jalan pada ruas jalan Oben-Bone di Kecamatan Nekamese juga mengalami kerusakan sedang karena banyak material jalan rusak tergerus air banjir.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini