Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Main-Main! RI Punya 'Pasukan Khusus' Penjaga Laut

Clara Amelia, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 620 2752502 jangan-main-main-ri-punya-pasukan-khusus-penjaga-laut-tcAzLAVOcM.jpg Ilustrasi Penjaga Laut (Foto: Kemenhub)
A A A

JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut membekali personelnya dengan kemampuan boarding officer. Hal ini sebagai upaya melayani secara optimal kebutuhan pengguna transportasi laut.

"Dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum di laut, personil KPLP harus cekatan, profesional dan menguasai aturan-aturan yang berlaku dalam dunia maritim," kata Direktur KPLP Kementerian Perhubungan Capt Mugen S Sartoto dalam keterangan di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Boarding officer merupakan bentuk keterampilan yang sangat bermanfaat dan cocok untuk awak kapal negara untuk mempelajari tentang teknik untuk menghindari serangan dan melumpuhkan lawan bilamana menghadapi ancaman bahaya pada saat melakukan operasi di perairan dalam kondisi darurat dan terdesak.

BACA JUGA:Indonesia Ingin Jadi Poros Maritim Dunia, Pak Luhut Siapkan Caranya 

Mugen mengatakan personel KPLP juga harus dibekali dengan pengetahuan keterampilan khusus, yang dapat membantu dalam menjalankan tugas operasi di perairan dalam menghadapi ancaman.

Menurut dia, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan pelatihan keterampilan boarding officer yang bertujuan untuk membentuk SDM awak kapal negara patroli KPLP yang selalu siap siaga, terampil dan cekatan dalam menghadapi situasi ancaman-ancaman kejahatan, yang kerap terjadi di laut, pantai maupun di pelabuhan.

"Pemerintah memiliki komitmen untuk menjamin pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran mutlak dilakukan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, sehingga para pengguna jasa transportasi laut merasa nyaman dan aman dalam melakukan kegiatannya," ujarnya.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Kasubdit Patroli dan Pengamanan KPLP M Hermawan mengatakan peserta kegiatan Peningkatan Keterampilan Boarding Officer ini adalah para awak kapal negara patroli pada unit pelaksana teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

"Metodenya adalah pemberian materi di kelas, praktik di aula dan praktik di atas kapal dengan skenario. Dan, peserta pembentukan keterampilan boarding officer diberikan sertifikat setelah evaluasi," kata M Hermawan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini