Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Mengidap Kanker, Begini Cara Menjaga Mereka Tetap Semangat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 14 Februari 2023 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 14 620 2765011 anak-mengidap-kanker-begini-cara-menjaga-mereka-tetap-semangat-CGdHMMO1Jw.jpg Ilustrasi Anak Kanker. (Foto: Shutterstock)
A A A

KETIKA seseorang menderita kanker, maka mereka akan menjalani kehidupan yang tidak mudah. Karenanya, support system orang terdekat menjadi obat yang paling mujarab bagi para penderita kanker, apalagi anak-anak.

Pasalnya, ketika kanker mereka harus menjalani terapi yang memang tidak mudah. Kemoterapi, pada prosesnya sangat mengubah fisik anak, karenanya orang tua perlu hadir seutuhnya demi memberi semangat ke anak.

"Jika memungkinkan, libatkan anak dalam setiap proses. Jelaskan ke mereka apa yang sedang terjadi, tentu dengan bahasa yang anak pahami," ungkap laporan Kids Health, dikutip MNC Portal, Selasa (14/2/2023).

Anak Kanker

Pastikan juga bahwa anak-anak tidak merasa takut dalam menjalani semua terapi yang mungkin dia jalani. Oleh karena itu, penting bagi orang tua selalu ada di samping si kecil. Jika kasusnya si anak merasa bersalah atas penyakitnya, orang tua perlu mencari bantuan profesional.

"Banyak anak yang mungkin merasa bersalah, seolah-olah kanker ini adalah kesalahan mereka. Kalau sudah terjadi begitu, tim profesional diperlukan untuk meyakinkan si kecil bahwa mereka tidak salah," ungkap laporan tersebut.

Khusus buat orang tuanya, Anda jangan pernah merasa sendirian. Faktanya, banyak sekali di luar sana orang tua yang anaknya mengidap kanker. Jadi, carilah dukungan dari keluarga lain yang mengalami hal serupa.

Follow Berita Okezone di Google News

"Carilah bantuan dan dukungan jika Anda merasa sangat 'down'. Bicarakan dengan tim perawat jika diperlukan untuk membuat Anda lebih tenang," tambah laporan tersebut.

Sementara itu, laman American Cancer Society menyarankan pada orang tua yang merawat anak dengan kanker agar teredukasi secara baik. Ini penting, sehingga perawatan kanker pada anak bisa lebih optimal.

"Jika orang tuanya teredukasi dengan baik, dia akan membatasi informasi yang dapat menghambat pengobatan dan pemulihan anaknya," ungkap laman itu.

Oleh karena itu, mengetahui penyakit si anak dan mencari pertolongan ke sumber yang benar akan membantu si anak pulih dengan baik. Dan ini peran dari edukasi yang dilakukan orang tua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini