Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UMKM Butuh Pendampingan Teknis Digitalisasi, Bukan Hanya Webinar

Dovana Hasiana, Jurnalis · Selasa 07 Maret 2023 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 07 620 2777055 umkm-butuh-pendampingan-teknis-digitalisasi-bukan-hanya-webinar-jCtCIUbWsO.jpg UMKM Butuh Pendampingan Teknis Digitalisasi (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan 30 juta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) go digital.

Wakil Ketua Komite Bidang Tata Kelola dan Regulasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Dewi Meisari Haryanti mengatakan, pendampingan teknis kepada UMKM untuk menjual produknya di e-commerce dinilai lebih efektif dibandingkan pelaksanaan webinar.

Sebab, selama ini untuk mengejar target tersebut mendorong Kementerian/Lembaga (K/L) menginisiasi berragam program pendampingan yang kebanyakan dalam bentuk webinar.

“Pendampingan teknis melalui fasilitator atau mentor yang benar-benar mengajarkan bagaimana cara upload produk, membuat deskripsi produk, membuat akun, itu dibutuhkan. Bukan hanya webinar yang kurang memberikan dampak kepada mereka,” ujarnya dalam Urban Forum Focus Group Discussion (FGD) 2023 dengan tema Peran Ekonomi E-commerce di Indonesia: Tantangan, Peluang, dan Kebijakan di Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Dewi mengatakan, dampak yang diberikan pendampingan teknis jauh lebih terukur. Hal tersebut bisa dilihat melalui sejumlah indikator, yakni jumlah pelaku usaha yang membuka akun di e-commerce untuk menjajakan produknya, pelaku usaha yang berhasil mendapatkan transaksi digital dan pelaku usaha yang mendapatkan kemampuan pengelolaan keuangan.

Menurut dewi, indikator tersebut jauh lebih terukur dan memberikan banyak manfaat dibandingkan pelaksanaan webinar yang selama ini hanya difokuskan dalam melihat jumlah peserta yang hadir dalam program tersebut.

“Belum tentu pelaku usaha yang datang ke webinar itu pada akhirnya bisa buka akun digital, bisa transaksi digital dan sebagainya. Makanya lebih baik ada pendampingan teknis. Satu mentor akan mengajarkan 10 - 15 pelaku usaha,” katanya.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Namun, Dewi mengatakan tantangan terbesar dalam melaksanakan pendampingan teknis adalah mendapatkan pendanaan. Selama ini Dewi dan pihaknya tengah berupaya dalam menjalin kemitraan dengan perusahaan - perusahaan yang menjadi anggota Kadin untuk memberikan pendampingan tersebut.

“Kalau UMKM naik kelas, yang diuntungkan juga semua pihak. Itu memberikan efek domino ke sektor lainnya,” ujarnya.

1
2
Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini