Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melihat Kasus Ammar Zoni, Begini Ciri-Ciri Orang yang Pakai Sabu

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 10 Maret 2023 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 10 620 2779072 melihat-kasus-ammar-zoni-begini-ciri-ciri-orang-yang-pakai-sabu-NpWUtD5JDT.jpg Ammar Zoni. (Foto: Instagram)
A A A

ARTIS Ammar Zoni ditangkap oleh polisi setelah terbukti menggunakan narkoba jenis sabu. Ini merupakan penahanan yang kedua, setelah sebelumnya suami Irish Bella itu ditangkap polisi akibat mengonsumsi ganja.

Ammar Zoni ditangkap atas kepemilikan 1 gram sabu oleh jajaran Polres Metro Jakarta Selatan di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. Lantas, kenapa Ammar Zoni mengonsumsi sabu?

Perlu diketahui, methamphetamine atau sabu adalah stimulan yang meningkatkan energi. Ketika seseorang menggunakan obat ini secara berlebihan, itu dapat menyebabkan susah tidur dan menekan nafsu makan.

"Penyalahgunaan sabu jangka panjang dapat berdampak pada metabolisme tubuh dan kemampuan untuk menyimpan lemak," terang laporan Banyan Treatment Centers, dikutip MNC Portal.

Orang yang menyalahgunakan sabu pun memiliki beberapa ciri khas. Apakah dari perawakan Ammar Zoni ciri-ciri itu bisa terlihat? Simak ulasan ini selengkapnya.

Menurut laporan American Addiction Centers dikutip MNC Portal, ada beberapa ciri khas pengguna sabu, meliputi:

1. Suka bingung sendiri

2. Insomnia

3. Suasana hati gampang berubah

4. Gampang cemas

5. Paranoia

6. Berhalusinasi

7. Emosinya sulit terkontrol

8. Tubuh gampang oleng

9. Penurunan berat badan yang ekstrim

10. Punya masalah di gigi seperti sakit gusi dan kerusakan gigi

11. Jerawatan

12. Kulit menguning

13. Kulit kering

14. Hilangnya elastisitas kulit

15. Mukanya terlihat lebih tua atau kuyu

"Dampak mengkhawatirkan dari penyalahgunaan sabu dalam jangka panjang adalah tubuh jadi gampang sakit karena sistem imun rusak. Tak hanya itu, tubuh kehilangan kekuatannya dan tulang rentan cedera karena lemak yang tersimpan di tubuh sedikit," papar laman Alpine Recovery Lodge.

Lebih lanjut, orang yang pakai sabu suntik rentan kena HIV/AIDS. Selain itu, risiko hepatitis B dan C juga meningkat gegara pemakaian sabu jenis suntik. Bahkan, beberapa studi mengatakan pemakai sabu jangka panjang berisiko sakit sindrom Parkinson.

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini