Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BUMN Karya Keroyokan Bangun IKN Nusantara

Hana Wahyuti, Jurnalis · Senin 13 Maret 2023 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 13 620 2780061 bumn-karya-keroyokan-bangun-ikn-nusantara-pRrancmdXP.jfif Proyek Ibu Kota Nusantara. (Foto: Okezone.com/PUPR)
A A A

JAKARTA - Pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara merupakan upaya pemerintah untuk menyebarluaskan magnet pertumbuhan ekonomi baru sehingga tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa.

Anggota DPR RI Siti Mukaromah pun memberikan apresiasi terlibatnya banyak perusahaan nasional dalam pembangunan IKN. Salah satunya Adhi Karya.

Sampai dengan saat ini, Adhi telah memperoleh empat kontrak pembangunan infrastruktur IKN Nusantara, antara lain 22 Tower untuk Hunian Pekerja Konstruksi IKN, Pelindung Fender Jembatan Pulau Balang, Jalan Tol Seksi 3A Segmen Karangjoang-KTT Kariangau, dan terbaru, ialah Rumah Tapak Kedinasan di IKN Nusantara.

"Adhi Karya sangat berpengalaman, kalau kita lihat dari peran-peran yang pernah dilakukan," ujarnya, Senin (13/3/2023).

Pada proses pelaksanaannya, lingkup pekerjaan Adhi Karya meliputi, perencanaan dan perancangan, pekerjaan konstruksi dan infrastruktur kawasan, seperti rumah tapak, penataan kawasan untuk fasilitas umum dan sosial, serta prasarana dan sarana kawasan.

Perolehan kontrak dari pembangunan IKN diharapkan akan terus bertambah seiring proses pelelangan yang masih diikuti oleh Adhi.

Sebelumnya, Corporate Secretary ADHI Farid Budiyanto mengatakan, perseroan telah memperoleh kontrak pembangunan infrastruktur IKN Nusantara, antara lain proyek 22 tower untuk hunian pekerja konstruksi IKN, pelindung fender Jembatan Pulau Balang, Jembatan Pulau Balang II, dan Jalan Tol Seksi 3A Segmen Karangjoang-KTT Kariangau.

Kemudian, proyek rumah tapak kedinasan untuk jabatan menteri, saluran Intake Sepaku untuk penyediaan air baku, hingga land development Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Zona 1B.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu, pada tahun ini akan ada dua proyek yang diserahterimakan, yakni Intake Sepaku dan 22 tower hunian pekerja konstruksi IKN.

"Sejauh ini yang akan serah terima atau selesai tahun ini Intake Sepaku yang progresnya udah 88%, hunian pekerja udah 100% mungkin tunggu tender penugasan lagi untuk pekerjaan lain," ujarnya.

Direktur Utama ADHI, Entus Asnawi Mukhson menyatakan, pihaknya telah mengamankan tujuh kontrak proyek di IKN dengan nilai total porsi ADHI Rp2,7 triliun.

"Kami sudah dapat dan sekarang ini ada tujuh proyek IKN termasuk yang belum kontrak. Nilai totalnya saat ini kira-kira Rp2,7 triliun," kata Entus.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini