Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Habis Sahur Jangan Langsung Tidur, Ini Loh 3 Bahayanya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 27 Maret 2023 18:59 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 27 620 2788281 habis-sahur-jangan-langsung-tidur-ini-loh-3-bahayanya-d8oIALFJ5U.jpg Ilustrasi Tidur setelah Sahur. (Foto: Shutterstock)
A A A

TIDUR memang menjadi ibadah saat Bulan Ramadhan ini, tapi Anda juga harus tahu momen tepat untuk tidur. Biasanya, kita akan tidur setelah sahur, karena memang jam tidur yang berubah saat berpuasa.

Tapi, tidur setelah sahur dinilai buruk dari kacamata medis. Dokter Nadia Alaydrus menjelaskan bahwa setidaknya ada 3 masalah yang bakal muncul jika langsung tidur setelah sahur.

Melalui unggahan Instagram yang dikutip MNC Portal, berikut penjelasan dr Nadia Alaydrus selengkapnya soal bahaya langsung tidur setelah sahur:

Lemak tumbuh yang menimbun

"Ketika kamu langsung tidur setelah sahur, kalori yang tersimpan dalam tubuh akan menjadi lemak. Kalau ini terjadi terus menerus, maka lemak tubuh akan menumpuk dan memicu terjadinya obesitas," katanya.

Asam lambung akan naik atau GERD

"Ketika kita (langsung) tidur (setelah sahur), proses pencernaan akan terhambat, sehingga lambung akan secara otomatis meningkatkan produksi asam lambung untuk mempercepat proses pencernaan," terang dr Nadia.

Nah, karena langsung tidur, kata dr Nadia, posisi tidur itu akan melonggarkan klep lambung dan menyebabkan asam lambung.

"Nah, asam lambung yang terbentuk di dalam perut itu kemudian mengalir ke kerongkongan dan menyebabkan luka, sehingga menimbulkan sensasi panas, terbakar pada dada, dan nyeri ulu hati," paparnya.

Sembelit

Kondisi ini terjadi karena timbunan makanan dalam perut tidak tercerna dengan baik, ketika tubuh dalam posisi tidur. "Ditambah lagi risiko sembelit ini akan lebih besar karena kurangnya asupan cairan pada tubuh saat berpuasa," ungkap selebgram kesehatan itu.

Di akhir video, dr Nadia Alaydrus meminta kepada masyarakat agar tidak melakukan kebiasaan buruk itu. "Jadi, jangan dibiasakan, ya, langsung tidur setelah sahur," pintanya.

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini