Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perlukah Pakai Masker saat Sholat Ied?

Kevi Laras, Jurnalis · Rabu 05 April 2023 19:52 WIB
https: img.okezone.com content 2023 04 05 620 2793869 perlukah-pakai-masker-saat-sholat-ied-YzmQQrzca1.jpg Ilustrasi Masker Covid-19. (Foto: Freepik)
A A A

PEMERINTAH memang sudah tidak lagi mewajibkan penggunaan masker. Meski demikian, agar terhindar dari masalah kesehatan lainnya, penggunaan masker memang disarankan. Lantas, ketika sholat ied (Idul Fitri) nanti perlukah memakai masker?

Ketua ikatan dokter indonesia (IDI) dr Adib Khumaidi SpOT menjelaskan boleh saja lepas masker. Namun dengan syarat tidak sembarangan, katanya kondisi tubuh harus dipastikan sehat.

Menurutnya penggunaan masker bukan hanya menjaga diri sendiri, tapi juga orang lain terutama mereka yang kelompok rentan seperti orang tua dan lanjut usia (lansia).

"Boleh. Dengan syarat yang sama kalau kondisi kesehatan kita bagus, tidak ada batuk pilek ya kita enggak perlu pakai masker. Tapi kalau kita ada batuk pilek sebaiknya pakai masker," jelas dr Adib saat Konferensi Pers di Gedung PB IDI Jakarta, Selasa (4/4/2023)

"Orang tua, lansia, apalagi yang ada komorbid sebaiknya pakai masker. Menjaga diri sendiri dan menjaga tidak menularkan orang lain," imbuhnya

Hal ini juga ia imbau untuk momen saat berkumpul keluarga saat momen lebaran nanti. Sehubungan dengan ini, melansir dari Mayoclinic untuk penggunaan masker baik di dalam maupun luar ruangan, terutama di Rumah Sakit direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC).

Follow Berita Okezone di Google News

"Boleh kita silaturahmi dengan keluarga, saling berkunjung tapi dengan tetap yang kita kunjungi jaga kesahatannya, kita sendiri juga harus menjaga kesehatan kita. Kalau kita kunjungi adalah orang-orang tua, kemudian ada risiko penyakit, sedangkan mungkin kita dalam kondisi kurang sehat, maka masyarakat tetap menggunakan masker," ucap dr Adib

Berkaitan dengan masker, dikatakan Mayoclinic harus pas menutupi hidung, mulut, dan dagu, tanpa celah. Anda akan merasakan udara hangat masuk melalui bagian depan masker saat menghembuskan napas.

"Seharusnya tidak merasakan udara keluar di bawah tepi topeng. Pilih masker yang memiliki strip hidung bisa ditekuk, karena membantu mencegah udara bocor keluar dari bagian atas masker," keterangan dalam website

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini