Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Percepat Digitalisasi UMKM, Begini Caranya

Mutiara Oktaviana, Jurnalis · Jum'at 07 April 2023 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2023 04 07 620 2794782 hipmi-komitmen-tingkatkan-digitalisasi-umkm-TZHDuKo2OX.jpg Hipmi Siap Bantu Tingkatkan Digitalisasi UMKM. (Foto:Okezone.com)
A A A

JAKARTA - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menyatakan komitmennya untuk mendorong kemajuan para pelaku usaha muda di Tanah Air termasuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Salah satu yang digencarkan Hipmi adalah digitalisasi pada bisnis pelaku usaha. Di mana pada era sekarang ini, kehadirian teknologi digital sangat membantu pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis dan memperluas pasar.

"Strategi yang bisa kita lakukan dengan memaksimalkan teknologi digital," ujar Wakil Sekretaris Jenderal Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Anthony Leong, Jumat (7/4/2023).

Dirinya memahami dalam penerapannya banyak kendala dan tantangan yang dihadapi pelaku usaha dan UMKM. Misalnya soal perizinan, permodalan dan lainnya.

Oleh karena itu, dirinya pun membuka usaha co-working space, virtual office, dan serviced office dan konsultan perizinan terpadu untuk pelaku usaha. Melalui hal ini diharapkan startup atau perusahaan rintisan baru bisa dengan mudah mendirikan perusahaan tanpa modal besar.

"Itu bisa dilakukan dengan menggunakan virtual office untuk legalitas, serta dengan menghadirkan sistem konsultasi untuk kemudahan perizinan sehingga pengusaha pemula bisa berkarya tanpa diganggu masalah tempat kantor," ujar Anthony.

Menurutnya, dengan komitmen mendorong digitalisasi pelaku usaha menjadi penggerak ekonomi bangsa dan mendukung keberlanjutan pembangunan nasional.

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelumnya, Ketua Umum BPP Hipmi Masa Bakti 2022-2025, Akbar Himawan Buchari menyampaikan program pemberdayaan UMKM, digitalisasi, hilirisasi industrialisasi, ketahanan pangan, transisi energi serta sustainability yang sudah berhasil pada pemerintahan sekarang, akan Hipmi lanjutkan dan akselerasi untuk mendukung segala upaya dan program Pemerintah yang ada.

"230.667 anggota aktif dari 34 provinsi 514 kota/kab dengan status business owner. Artinya, Hipmi memberikan dampak terhadap perekonomian bangsa dengan lebih dari 4.613.340 lapangan pekerjaan telah tercipta. 70.000 anggota dari kalangan mahasiswa yang terhimpun di Hipmi PT dengan lebih dari 700 kampus yang terlibat," ungkap Akbar

Akbar melanjutkan, Presiden Jokowi terus membuka jalan untuk para pengusaha muda sehingga menjadikan Hipmi salah satu mitra strategis dari program-program pemerintah, seperti mitra LKPP, Pelatihan peningkatan SDM, Kartu Prakerja, Penyaluran KUR, Pembuatan NIB dan banyak program lainnya yang bisa kami sinergikan dalam superapps tersebut.

"Dengan modal dan peluang tersebut, tahun ini kami meluncurkan platform super app dengan nama HIPMIGO. Super app hipmigo mampu menangkap peluang ekonomi digital dengan backbone anggota yang sangat mumpuni sehingga menjadi ekosistem yang close loop, seperti pengembangan SDM, akses pasar, akses pembiayaan, akses perizinan dan regulasi, serta riset dan development," jelasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini