Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Lho Fungsi Lakban Kinesio yang Kerap Dipakai Atlet Saat Berlaga!

Nurul Amanah, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2023 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 14 620 2830841 ini-lho-fungsi-lakban-kinesio-yang-kerap-dipakai-atlet-saat-berlaga-utg9F2raSN.jpg Lakban kinesio (Foto: Parkview health)
A A A

MUNGKIN Anda sering menyaksikan seorang atlet menggunakan semacam plester berwarna-warni, umumnya berwarna biru dan pink ketika sedang berlaga.

Namun jangan dibayangkan jika plester yang dipakai itu untuk menutupi luka bagian luar ketika lecet atau berdarah karena bukan itu fungsinya. Benda tersebut adalah Kinesiology Tape atau bisa disebut juga Lakban Kinesio.

lakban

Lalu, apafungsi lakban kinesio untuk para atlet?

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai manfaatnya, mari mengenal lebih jauh tentang lakban kinesio.

Pada umumnya, benda yang satu ini terbuat dari bahan yang halus, bernapas, dan dapat diregangkan, biasanya katun atau campuran katun.

Elastisitasnya tidak terlalu membatasi area aplikasi, dan dirancang untuk memberikan tekanan dan dukungan yang cukup untuk memfasilitasi kekuatan pada otot dan jaringan. Cara menggunakannya tentu dengan membungkus otot dan jaringan di sekitarnya.

Lakban Kinesio menstabilkan area yang cedera dengan sedikit menempel pada kulit dan memberikan tekanan pada jaringan yang dililit pita. Benda khusus ini membantu meningkatkan sirkulasi, menopang otot, memungkinkan cedera internal sembuh, dan membantu mencegah cedera otot lebih lanjut sambil tetap memungkinkan gerakan.

Umumnya benda ini digunakan untuk mereka yang profesinya melibatkan kerja fisik yang berat dan gerakan berulang (atlet, pekerja konstruksi, pekerja pabrik, tukang kebun, mekanik, penambang, sekretaris, dll.). Bisa pula yang duduk dan bekerja di meja untuk waktu yang lama setiap hari, atau yang memiliki gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Atau yang cukup sering ditemukan adalah atlet dan orang yang aktif secara fisik lainnya, termasuk pesepeda, pegolf, pelari, dan penggemar olahraga lainnya atau mereka yang terlibat dalam olahraga.


Fungsi lakban kinesio, apa saja?

1. Mengurangi Rasa Sakit

Dengan memberikan tekanan dengan lembut, kinesiology tape membantu mengganggu dan menghilangkan rasa sakit.

2. Peningkatan Sirkulasi dan Penurunan Peradangan

Benda ini dapat membantu menghilangkan kemacetan sambil memungkinkan sirkulasi darah beroksigen dan cairan limfatik yang efisien. Sirkulasi menghilangkan iritasi, sehingga mengurangi peradangan dan penumpukan bahan kimia dan mempercepat pemulihan.

 BACA JUGA:

Follow Berita Okezone di Google News

3. Memperbaiki Postur dan Dukungan Otot

Merekatkan area yang membelok dari postur yang benar dapat membantu dengan lembut mendukung postur yang tepat.

Penggunaan yang tepat juga memungkinkan otot yang lemah berfungsi secara efisien, mengurangi rasa sakit dan kelelahan, dan melindungi dari kram, ekstensi berlebihan, dan kontraksi berlebihan.

4. Meningkatkan performa atlet

Dengan menopang sendi yang tidak stabil dan memberikan sedikit tekanan pada otot yang “tidur”, taping dapat mendorong performa seorang atlet.

Tidak seperti alat bantu lain yang dapat menyebabkan ketergantungan pada mereka untuk stabilitas dan dukungan, kinesiology tape melatih tubuh untuk menjadi mandiri dan efisien.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini