Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tuntutan Massa Usai Kepung Ponpes Al Zaytun, Usut Ajaran Sesat hingga Dugaan Pemerkosaan

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Kamis 15 Juni 2023 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 15 620 2831555 5-tuntutan-massa-usai-kepung-ponpes-al-zaytun-usut-ajaran-sesat-hingga-dugaan-pemerkosaan-13M5Wqw34p.jpg Ponpes Al Zaytun/Foto: MNC Media
A A A

INDRAMAYU – Ribuan orang menggelar unjuk rasa di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (15/6/2023).

Pasalnya, warga menyebut sejumlah ajaran di ponpes yang menyimpang dan sesat. Salah satunya para santri diperbolehkan berzina asal menebus dengan uang Rp2 juta.

Masyarakat Indramayu yang resah akhirnya melakukan aksi demonstrasi terhadap ponpes yang dipimpin oleh Panji Gumilang itu. Sebanyak 3.000 massa dari Forum Indramayu Menggugat mendatangi ponpes tersebut.

Ratusan personel kepolisian dari Polres Indramayu dan Brimob Detacemen C Polda Jabar disiagakan tepat di pintu masuk Ponpes Al Zaytun. Petugas menjaga ketat ponpes tersebut terkait rencana aksi ribuan massa. Bahkan, petugas memagar kawat berduri di gerbang masuk pesantren besar ini.

Adapun massa membawa lima tuntutan, yakni:

1. Usut tuntas dugaan ajaran sesat Al-Zaytun, libatkan MUI dan Kemenag.

2. Usut tuntas dugaan tindak pidana pemerkosaan atas laporan Sdri. K perempuan asal Indramayu yang diduga korban pemerkosaan Panji Gumilang.

3. Tegakan UPPA tentang kepemilikan tanah dan tindak pidana penguasaan tanah diduga Al Zaytun merampas tanah rakyat dan menguasai ribuan hektar tidak jelas ijin peruntukannya (Lidik pencucian uang).

Follow Berita Okezone di Google News

4. Hentikan pembuatan Dersus (Dermaga Khusus Al Zaytun) di Desa Eretan Kec. Kandanghaur dan jalan khusus / jalan pribadi yang sedang dibuat di Desa Lonyod Wanguk, disambungkan lurus dengan Al-Zaytun sangat berbahaya jika dimanfaatkan praktik penyelundupan senjata, narkoba dan perdagangan manusia.

5. Al-Zaytun tidak ada manfaatnya sama sekali untuk masyarakat sekitar tidak ada tenaga kerja, santri asal Indramayu dan tertutup tidak bisa diakses secara umum.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini