Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Batalkan Pemberontakan, Putin Gelar Pertemuan dengan Bos Wagner Selama 3 Jam

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2023 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2023 07 11 620 2844482 usai-batalkan-pemberontakan-putin-gelar-pertemuan-dengan-bos-wagner-selama-3-jam-LzqFUaUWuD.jpg Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Reuters)
A A A

MOSKOWKelompok tentara bayaran Wagner diketahui batal melakukan pemberontakan. Bos Wagner Yevgeny Prigozhin pun dilaporkan melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pertemuan itu digelar hanya beberapa hari setelah kelompok itu membatalkan pemberontakannya pada bulan lalu. Pertemuan itu dikonfirmasi oleh Sekretaris Pers Kremlin Dmitry Peskov, Senin, (10/7/2023) saat berbicara kepada wartawan.

Peskov membenarkan laporan surat kabar Prancis Liberation, yang mengklaim bahwa Putin telah bertemu dengan bos Wagner itu.

“Presiden mengadakan pertemuan seperti itu. Tiga puluh lima orang diundang ke sana – semua komandan unit dan manajemen kompi, termasuk Prigozhin sendiri,” terangnya, dikutip RT.

Menurut Peskov, pertemuan itu berlangsung di Kremlin pada 29 Juni lalu dan berlangsung hampir tiga jam.

Peskov menambahkan bahwa presiden telah memberikan “evaluasi tindakan perusahaan” selama konflik dengan Ukraina, dan telah berbicara tentang penilaiannya atas peristiwa 24 Juni, hari ketika pasukan Wagner bergerak ke Moskow.

Pada kesempatan itu, Putin juga mendengarkan penjelasan para komandan dan menawarkan pekerjaan lebih lanjut dan pilihan penempatan tempur.

Follow Berita Okezone di Google News

Dia menambahkan bahwa para komandan Wagner telah memberikan laporan mereka tentang pemberontakan tersebut, sembari “menekankan bahwa mereka adalah pendukung setia dan prajurit kepala negara,” dan “siap untuk berjuang demi ibu pertiwi ke depan.”

Seperti diketahui, isu pemberontakan mencuat pada 23 Juni lalu. Kala itu, Prigozhin bersumpah akan melakukan pembalasan setelah menuduh Kementerian Pertahanan Rusia melakukan serangan rudal yang fatal di kamp Wagner. Pada jam-jam berikutnya, pasukan perusahaan merebut beberapa instalasi militer di kota Rostov-on-Don, Rusia selatan, dengan beberapa pasukan berbaris di Moskow. Kasus pidana dibuka terhadap Prigozhin.

Prigozhin setuju untuk menghentikan pemberontakan Wagner pada 24 Juni sebagai bagian dari kesepakatan dengan pemerintah Rusia yang dimediasi oleh Presiden Belarusia Aleksandr Lukashenko. Menurut kesepakatan itu, Moskow setuju untuk membatalkan kasus pidana terhadap bos Wagner itu. Lalu timbal baliknya yakni Prigozhin setuju untuk pindah ke Belarusia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini