Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bawa Emas Imitasi, Jamaah Haji Asal Makassar Klarifikasi ke Bea Cukai

Leo Muhammad Nur, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2023 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2023 07 11 620 2844495 bawa-emas-imitasi-jamaah-haji-asal-makassar-klarifikasi-ke-bea-cukai-VMVKj6gvz4.jpg Jamaah haji makassar bawa emas (foto: dok ist)
A A A

MAKASSAR - Bea Cukai Makassar sudah melakukan klarifikasi kepada jamaah haji kloter pertama di Makassar, Suanarti Daeng Kanang (46) soal emas seberat 180 gram saat pulang ke tanah air.

Suanarti menjalani pemeriksaan klarifikasi selama tiga jam di kantor Bea Cukai Makassar dari pukul 08.00 Wita hingga pukul 11.00 Wita pada hari ini, Senin 10 Juli 2023.

Pengacara Suanarti, Ayu memastikan pihaknya sudah mengklarifikasi persoalan emas di Bea Cukai.

"Jadi kami sudah tidak ada permasalahan lagi dengan Bea Cukai, sudah diceritakan semua sama Bea Cukai terkait yang diviralkan itu," kata dia kepada wartawan.

Lalu, Bea Cukai Makassar mengungkap emas yang dibawa oleh Suarnati ke Tanah Air setelah membelinya di Tanah Suci adalah bukan emas asli atau imitasi.

"Berdasarkan penelitian kami, barang tersebut sudah kami koordinasikan dengan Pegadaian. Dari Pegadaian menyimpulkan bahwa barang tersebut bukan emas, begitu hasilnya. Kemungkinan seperti itu (imitasi)," ungkap Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Makassar Ria Novika Sari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dia menjelaskan, setelah pemeriksaan dilakukan termasuk mengunjungi kediaman yang bersangkutan untuk dilakukan konfirmasi. Bersangkutan secara kooperatif menunjukkan perhiasan emas dia bawa saat turun dari pesawat itu dan dicocokkan dengan video viral tersebut.

"Dan memang kesimpulan kami adalah itu barang atau perhiasan yang sama pada saat dia datang dari Jeddah menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar," paparnya.

Sebelumnya jemaah haji di kloter pertama tersebut viral di media sosial saat berkilau emas seberat 180 gram dengan nilai lebih dari seratus juta rupiah di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu 5 Juli 2023.

Suanarti diklarifikasi usai membawa barang bawaan emas miliknya yang dikenakan dan juga dibeli di tanah suci saat menunaikan ibadah haji.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini