Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penembakan Maut Guncang Selandia Baru Jelang Pembukaan Piala Dunia, Tewaskan 2 Orang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 20 Juli 2023 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2023 07 20 620 2849289 penembakan-maut-guncang-selandia-baru-jelang-pembukaan-piala-dunia-tewaskan-2-orang-CGJLyxwfKK.jpg Foto: Reuters.
A A A

AUCKLAND – Dua oarng tewas dan enam lainnya luka-luka, termasuk petugas kepolisian, saat seorang pria melepaskan tembakan di pusat Kota Auckland, Selandia Baru. Insiden pada Kamis, (20/7/2023) pagi ini terjadi beberapa jam sebelum pembukaan gelaran Piala Dunia Wanita FIFA di kota tersebut.

Polisi mengatakan mereka mendengar laporan tentang seseorang yang melepaskan senjata api di dalam lokasi konstruksi di Queen Street di pusat kota. Pelaku kemudian melarikan diri melewati gedung dan terus menembak sementara polisi melakukan pengejaran.

Tembakan lebih lanjut dilepaskan oleh pria itu dan dia ditemukan tewas beberapa saat kemudian, kata polisi sebagaimana dilansir BBC.

Pelaku dilaporkan menggunakan shotgun pompa dalam aksinya.

Setelah penembakan itu, kehadiran polisi bersenjata dalam jumlah besar terlihat di kawasan pusat bisnis tidak jauh dari tepi laut dan taman penggemar.

Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Chris Hipkins mengatakan serangan itu tidak dilihat sebagai tindakan terorisme dan turnamen Piala Dunia Wanita FIFA akan berjalan sesuai dengan rencana. Tidak ada motif politik atau ideologis untuk serangan itu yang teridentifikasi, kata perdana menteri.

Dia menambahkan masyarakat telah diyakinkan bahwa polisi telah menetralkan ancaman tersebut dan tidak ada risiko ancaman setelah insiden itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Hipkins berterima kasih kepada "pria dan wanita pemberani dari polisi Selandia Baru yang berlari ke arah tembakan, langsung ke jalan yang berbahaya, untuk menyelamatkan nyawa orang lain".

"Situasi semacam ini bergerak cepat dan tindakan orang-orang yang mempertaruhkan hidup mereka untuk menyelamatkan orang lain sungguh heroik," tambahnya.

Menurut Walikota Auckland Wayne Brown, semua personel FIFA dan tim sepak bola aman dan telah dipertanggung jawabkan.

Pertandingan pembukaan Piala Dunia Wanita akan diadakan antara Selandia Baru dan Norwegia di Eden Park, Auckland. Piala Dunia Wanita kesembilan diselenggarakan bersama oleh Selandia Baru dan Australia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini