Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Komunitas UFO di Indonesia

Arief Setyadi , Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2023 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2023 07 21 620 2849976 mengenal-komunitas-ufo-di-indonesia-fd6uUHbYSr.jpg Illustrasi UFO (foto: history)
A A A

JAKARTA - Hari UFO Nasional, jatuh pada setiap 21 Juli. Apa itu UFO? melansir dari wikipedia, UFO merupakan akronim dari unidentified flying object atau benda terbang tak dikenal.

UFO dikenal juga sebagai benda terbang aneh (disingkat BETA), yang merupakan istilah yang digunakan untuk seluruh fenomena penampakan benda terbang, yang tidak bisa diidentifikasi oleh pengamat dan tetap tidak teridentifikasi walaupun telah diselidiki.

Berdasarkan lansiran dari honf.org, awal mulanya dari peringatan UFO berawal dari platform terbuka bernama Indonesia UFO Network (IUN) yang terbentuk di HONF Foundation Yogyakarta pada Mei 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri 11 komunitas dan institusi. Momen tersebut cikal bakal untuk mengumpulkan komunitas dan institusi se-Indonesia selanjutnya. Pada 21 Juli 2019, pertemuan IUN yang kedua digelar dan dihadiri 28 komunitas, institusi, serta pusat riset.

Pada hari itulah dicanangkan sebagai Hari UFO Indonesia karena dianggap sebagai pertemuan terbesar dari komunitas UFO, institusi Astronomi amatir, para periset UFO, penggiat Space Art, serta tentu saja penggiat Astronomi dan Space Science.

Pertemuan pada 21 Juli itu bersamaan dengan International SETI Conference #04 di Yogyakarta yang digelar di IFI-LIP. Pada saat itu, IUN dideklarasikan sebagai platform lintas komunitas dan institusi yang aktif melakukan riset, serta pusat pembelajaran, pertukaran informasi dalam ranah astronomi, ET, SETI, UFO, sejarah peradaban, space art, dan space science secara umum.

Venzha Christ tidak sendirian menggagas platform ini. Ia bersama dengan Nur Agustinus dari BETAUFO dan Setyawan Haryanto (Ipank) dari Indonesian UFO Hunters sebenarnya sudah lama menginisiasi platform terbuka ini. Mereka berkeinginan menjadikan IUN sebagai media komunikasi dan berbagi pengetahuan dari berbagai latar belakang keilmuan.

Follow Berita Okezone di Google News

Direktur Indonesia Space Science Society (ISSS), Venzha mengungkapkan, bahwa IUN bukan tempat untuk mencari UFO atau tempat untuk mencari sebuah kebenaran. Sehingga keliru jika mengasumsikan IUN ajang untuk pencarian keberadaan UFO.

“IUN adalah berkumpulnya berbagai komunitas dan Institusi lintas disiplin, selain komunitas tentang UFO, juga penggiat atau periset di ranah astronomi, ET, SETI, sejarah peradaban, maupun space science, jadi sangat beragam dari banyak area keilmuan,” ujarnya dikutip, Jumat (21/7/2023).

Hari UFO Sedunia

Bukan hanya di Indonesia, ada juga Hari UFO Sedunia. Namun, diperingati di tanggal yang berbeda. Melansir wikipedia, peringatannya dirayakan oleh beberapa orang setiap 24 Juni, dan yang lainnya setiap 2 Juli.

Adapun 24 Juni merupakan tanggal yang ditulis reporter Kenneth Arnold tentang apa yang secara umum dianggap sebagai UFO pertama yang dilaporkan secara luas di Amerika Serikat. Sedangkan 2 Juli adalah tanggal jatuhnya UFO diduga dalam insiden Roswell 1947.

Tanggal 2 Juli dinyatakan sebagai Hari UFO Sedunia resmi oleh Organisasi Hari UFO Sedunia. Diyakini bahwa Hari UFO Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 2001 oleh peneliti UFO Haktan Akdogan.

Tujuan yang dinyatakan dari perayaan 2 Juli untuk meningkatkan kesadaran akan "keberadaan UFO yang tidak diragukan lagi". Kemudian, mendorong pemerintah untuk mendeklasifikasi file mereka tentang penampakan UFO.

Hari UFO Sedunia dirayakan dengan membangkitkan percakapan tentang bagaimana dan mengapa manusia bukan satu-satunya makhluk di alam semesta. WUFDO (Organisasi Hari UFO Sedunia) mempromosikan berbagai acara dan lokakarya pendidikan dengan gagasan untuk membuat orang tahu tentang UFO.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini