Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Digitalisasi Jadi Langkah Awal UMKM Indonesia Bersaing di Pasar Global

Kharisma Rizkika Rahmawati, Jurnalis · Rabu 26 Juli 2023 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2023 07 26 620 2852474 digitalisasi-jadi-langkah-awal-umkm-indonesia-bersaing-di-pasar-global-087KoMFTIT.jpg UMKM RI (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Ratu Rante Allo menyatakan digitalisasi UMKM adalah langkah awal menuntun UMKM Indonesia untuk bersaing di pasar global.

Dengan digitalisasi, UMKM mampu memperluas jangkauan pasar dan membangun kemitraan di mana pun.

“Tak hanya itu, digitalisasi UMKM juga membantu Dinas PPKUKM mendigitalisasi sistem pendataan, sehingga dapat menentukan langkah-langkah yang efektif dalam pengembangan UMKM. Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, kita bisa memahami dan merubah mindset untuk lebih baik lagi,” lanjut Ratu dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/7/2023).

Sementara, Divisi Perizinan dan Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Hery Afrianto mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat atas inisiatif yang baik untuk selalu mendukung percepatan digitalisasi dan pengembangan produk UMKM.

Serta dukungan perluasan akseptasi QRIS sebagai kanal pembayaran melalui inisiatif program QRIS Jakpreneur dan penyelenggaraan yang masif antara lain Penyelenggaraan Festival, Bazzar UMKM, Sosialisasi dan Onboarding seperti kegiatan yang diselenggarakan kali ini.

Follow Berita Okezone di Google News

“Kami berharap langkah dukungan terhadap UMKM melalui pemberdayaan sektor riil dapat meningkatkan kesejahteraan UMKM dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” tambah Hery.

Sebagai informasi, dashboard sistem Jakpreneur ini merupakan hasil kolaborasi untuk memudahkan dalam pendaftaran dan pembuatan QRIS Jakpreneur bagi para UMKM yang baru bergabung menjadi anggota Jakpreneur, integrasi ini juga mempermudah Dinas PPKUKM dan stakeholders memperoleh data transaksi para anggota Jakprenuer yang akurat guna membantu proses permodalan, pengembangan akses pasar dan ruang usaha UMKM.

Sedangkan CEO PT Netzme Kreasi Indonesia, Vicky Ganda Saputra menambahkan, digitalisasi UMKM tidak mungkin terjadi tanpa sinergi dan kolaborasi. Di sini, Netzme sangat bersyukur dengan kehadiran Dinas PPKUKM, Jakpreneur, dan semua pihak yang berkomitmen memajukan UMKM.

“UMKM adalah unit yang vital dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Karena pentingnya peran UMKM itulah, perkembangan UMKM harus selalu dipantau dan dipandu. Nah, salah satu cara untuk merealisasi itu ialah digitalisasi” tutupnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini