Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Pakaian Adat yang Dipakai Presiden Jokowi saat Sidang Tahunan MPR

Syifa Fauziah, Jurnalis · Selasa 15 Agustus 2023 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2023 08 15 620 2864975 deretan-pakaian-adat-yang-dipakai-presiden-jokowi-saat-sidang-tahunan-mpr-D9Nr33sjfE.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Instagram)
A A A

SETIAP tahunnya, Presiden Jokowi memang akan menggunakan busana daerah ketika datang ke MPR RI untuk mengikuti sidang tahunan. Baju daearah yang dia pakai pun tidak sembarangan, karena memiliki makna khusus.

Berikut MNC Portal rangkum baju adat yang pernah dipakai Jokowi saat hadiri Sidang Tahunan MPR RI dari tahun ke tahun, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Tahun 2022

Presiden Jokowi

Dan terakhir pada Sidang Tahunan MPR RI tahun 2022, Presiden Jokowi memakai pakaian adat dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berwarna hijau muda. Pakaian itu nampak berlapis-lapis, mulai dari inner, outer, kain songket, dan celana panjang warna senada. Dia juga melengkapi tampilannya dengan headpiece berwarna emas khas Sumatera.

Terdapat pula selendang yang melingkar di badannya dengan motif yang senada dengan outernya. Sementara itu, kain songketnya berwarna merah dan emas menambahkan kesan mewah pada penampilannya. Penampilan Jokowi di foto ini bak 'Tuan Raja' yah?

Tahun 2021

Presiden Jokowi

Kemudian pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2021, Jokowi tampil kece memakai busana adat Urang Kanekes dari suku Badui. Jokowi memakai baju lengan panjang atau yang disebut dengan jamang sangsang.

Dia juga menambahkan tenun khas Badui yang dijadikan ikat kepala warna hitam serta tas selempang khas suku tersebut. Pakaian yang Jokowi kenakan itu menggambarkan tentang kesederhanaan.

Tahun 2020

Presiden Jokowi

Pada tahun 2020, Jokowi memakai pakaian adat Sabu Raijua dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat Sidang Tahunan MPR. Jokowi memakai inner hitam dengan disematkan tenun menyilang di bagian dada. Dia juga melengkapi tampilannya dengan aksesori kalung dan sabuk berwarna emas.

Pemilihan baju adat itu karena sarat akan prinsip egaliter, di mana busana ini bisa digunakan oleh semua kalangan, baik bangsawan maupun orang biasa.

Follow Berita Okezone di Google News

Tahun 2019

Presiden Jokowi

Melompat ke tahun 2019, Jokowi memakai pakaian adat dari suku Sasak, Nusa Tenggara Barat (NTB). Baju adat yang dia pakai berwarna coklat keemasan dengan bawahan songket bermotif. Tak ketinggalan, dia juga memakai keris sebagai aksen di bagian baju depannya.

Sementara itu pada penutup kepalanya dia memakai mahkota yang disebut asapuk. Bagi orang Sasak sendiri, busana ini menggambarkan seorang pemimpin.

Tahun 2017

Presiden Jokowi

Pada Sidang Tahunan MPR tahun 2017, Presiden Jokowi memakai busana adat dari suku Bugis. Dia memakai beskap hitam, lengkap dengan songkok ta bone berwarna emas. Ia memadu padankan penampilannya dengan sarung songket warna jingga dan aksen merah maroon keemasan.

Itu dia deretan busana adat yang dikenakan Presiden Jokowi saat menghadiri acara Sidang Tahunan MPR RI dari tahun ke tahun. Penasaran nggak sih busana adat apa yang dipakai Jokowi di acara Sidang Tahunan MPR RI? Kita tunggu besok yah!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini