Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Profil KAWS, Seniman Amerika yang Pamerkan Patung Rebahan di Candi Prambanan

Annastasya Rizqa, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2023 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2023 08 23 620 2869765 profil-kaws-seniman-amerika-yang-pamerkan-patung-rebahan-di-candi-prambanan-EpBeuRcWWz.jpg KAWS di Prambanan. (Foto: Instagram)
A A A

SENIMAN asal Amerika Serikat, KAWS akhirnya berkunjung ke Indonesia. Seniman ternama yang hits di kalangan generasi milenial ini bakal memamerkan patung monumentalnya di Candi Prambanan, Yogyakarta.

Bagi penggemar KAWS yang sudah menantikan kehadiran karya seni ini, pengunjung bisa datang mengunjungi Candi Prambanan di Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada 19-31 Agustus 2023. KAWS sendiri merupakan seniman kelas dunia yang begitu dikenal di generasi milenial.

Anak muda banyak yang mengagumi sosok KAWS ini karena karya seninya yang dianggap unik dan kekinian. Lantas, siapa sosok KAWS seniman asal Amerika Serikat yang datangkan patung raksasa rebahan di Candi Prambanan? Berikut informasinya.

KAWS

KAWS memiliki nama asli Brian Donnelly yang lahir di New Jersey, Amerika Serikat, pada tahun 1974. Sosok KAWS pun mulai terkenal usai dirinya kerap berkolaborasi dengan sejumlah brand pakaian ternama kerap menjajakan karya seni kontemporernya.

Tumbuh di New Jersey, KAWS pertama kali tertarik pada grafiti di sekolah dasar, KAWS melihat anak-anak di sekitar kediamannya yang melukis gambar grafiti di dinding komunitasnya.

Seiring bertambahnya usia, pengaruh seni dari KAWS datang dari pelukis kehidupan tradisional, seperti Gerhard Richter (Jerman, lahir 1932), Klaus Oldenberg (Swedia, lahir 1929), dan Chuck Close (Amerika, lahir 1940).

Karier KAWS dimulai sebagai seniman grafiti di New York, NY, pada awal 1990-an. Gambarnya pun terlihat di papan reklame, halte bus, dan di bilik telepon.

Ia memperoleh gelar BFA dari School of Visual Arts di New York. Segera setelah lulus pada tahun 1996, KAWS mulai bekerja sebagai seniman lepas untuk Disney dan menciptakan latar belakang animasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Beberapa karyanya yang paling populer termasuk kontribusinya pada 101 Dalmations, Daria, dan Doug. Begitu KAWS mulai mendapatkan popularitas, iklan grafiti miliknya menjadi sangat dicari.

Pada akhir 1990-an, KAWS mulai merancang dan memproduksi mainan edisi terbatas. Ini memperoleh popularitas internasional, terutama di Jepang. Beberapa karya kolaboratif populer KAWS lainnya termasuk desain ulang Mickey Mouse, The Michelin Man, dan SpongeBob SquarePants.

Sebagai informasi, KAWS sendiri tengah melakukan tur pameran keliling dunia bertajuk KAWS: HOLIDAY. Untuk proyek KAWS: HOLIDAY kesepuluh ini, ia bergabung dengan kolaborator ARR AllRightsReserved untuk menghadirkan patung monumental baru, "ACCOMPLICE", ke Candi Prambanan.

KAWS: HOLIDAY telah berkeliling dunia untuk memamerkan karya seni kontemperornya. Beberapa negara yang telah ia kunjungi ialah Jepang, Singapura, Korea, Taipei hingga Hong Kong.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini