Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Betul Darah Rendah Bisa Diatasi dengan Sate Kambing?

Syifa Fauziah, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2023 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2023 10 17 620 2903092 apa-betul-darah-rendah-bisa-diatasi-dengan-sate-kambing-29k9yCZZfr.jpg Sate Kambing. (Foto: Cookpad)
A A A

DARAH rendah atau hipotensi merupakan kondisi ketika kemampuan jantung untuk memompa darah mengalami penurunan. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin akan mengalami penyakit jantung.

Mereka yang mengalami hipotensi pun disarankan memperbanyak konsumsi cairan, agar meningkatkan volume darah. Tapi yang lebih penting adalah berolahraga secara teratur, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah.

Tapi, ada juga yang bilang hipotensi dapat diatasi dengan makan sate untuk meningkatkan tekanan darah. Tapi apakah itu benar?

Perawat dan pendidik gaya hidup sehat Rizal Do menjelaskan, gagasan bahwa penderita darah rendah harus banyak makan sate kemungkinan besar muncul karena banyak penderita darah tinggi kumat setelah mengonsumsi sate. Oleh karena itu, konsepnya jika ingin meningkatkan tekanan darah maka wajib makan sate.

“Itu karena daging, terutama daging merah punya banyak lemak jenuh, kolesterol, natrium, dan lain-lain yang berkontribusi terhadap peningkatan tensi,” kata Rizal Do, dikutip dalam akun X miliknya @afrkml.

Menurutnya, jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi sate hanya karena ingin meningkatkan tekanan darah, itu merupakan kebiasaan buruk. Sebab terlalu banyak mengonsumsi sate berarti lemak dan kolesterol dalam tubuh akan meningkat sehingga berisiko terkena penyakit jantung.

Follow Berita Okezone di Google News

Lantas apakah mitos atau kenyataan kalau terlalu banyak makan sate bisa meningkatkan tekanan darah? Jawabannya adalah mitos. Rizal Do menjelaskan, banyak cara yang bisa dilakukan sebagai alternatif untuk meningkatkan tekanan darah seseorang, antara lain:

1. Perbanyak asupan garam namun dalam batas wajar dan jangan melebihi batas harian

2. Minum banyak

3. Wajib berolahraga setiap hari (intensitas rendah)

4. Tidur yang cukup selama 7-8 jam

5. Jangan begadang

6. Makan lebih banyak sayuran

7. Makan daging secukupnya

8. Makanlah dalam porsi kecil secara teratur

Lebih lanjut, ia mengatakan tekanan darah rendah tidak ada hubungannya dengan hemoglobin. “Tidak ada hubungannya dengan tekanan darah kalau itu hemoglobin,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini