Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amanda Manopo Akui Kena Epilepsi, Ini Makanan yang Harus Dihindari

Nurul Amanah, Jurnalis · Selasa 24 Oktober 2023 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2023 10 24 620 2907535 amanda-manopo-akui-kena-epilepsi-ini-makanan-yang-harus-dihindari-bCLajCjJQl.jpg Amanda Manopo. (Foto: Instagram)
A A A

ARTIS cantik Amanda Manopo membuat pernyataan mengejutkan yang mengungkapkan bahwa dia menderita epilepsi. Amanda pun menjelaskan mengenai kondisinya yang pernah mengalami kejang saat tidur lantaran tubuhnya sedang lelah.

Berbicara di podcast YouTube Kemal Palevi, dia mengungkapkan bahwa penyakitnya itu kerap kali kambuh sehingga membuat dirinya nyaris meninggal. Pasalnya, ketika epilepsinya kambuh maka jalur nafasnya ikut tersedak lantaran mengalami kejang.

Lantas, apa itu epilepsi? Epilepsi merupakan suatu kondisi di otak yang mengalami kejang secara berulang. Penderita epilepsi bisa menghindari atau membatasi beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membantu mengurangi kejang yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Biasanya gejala epilepsi meliputi otot kaku, merasa bingung sementara, penurunan kesadaran, gejala psikologis seperti ketakutan, kecemasan, dan juga perubahan perilaku.

Dilansir dari Very Well Health, penderita epilepsi disarankan membatasi makanan yang tinggi gula, memiliki indeks glikemik tinggi (makanan yang cepat meningkatkan gula darah), dan menyebabkan energi naik turun.

Selain itu, penderita epilepsi juga harus menghindari minuman yang mengandung stimulan, seperti kafein yang terdapat pada kopi, teh, minuman energi, minuman bersoda, atau coklat.

Follow Berita Okezone di Google News

Perlu diketahui bahwa alkohol dapat memicu kejang dan menimbulkan faktor risiko kejang, seperti interaksi dengan obat-obatan sehingga juga perlu dihindari.

Secara umum, makanan tertentu tidak dapat menyebabkan kejan secara langsung, kecuali pada kasus epilepsi refleks yang jarang terjadi. Epilepsi refleks adalah jenis epilepsi di mana kejang yang dialami seseorang terjadi secara konsisten sebagai respons terhadap pemicu tertentu.

Beberapa orang dengan epilepsi refleks dapat mengalami kejang yang dipicu oleh makan atau bahkan mencium makanan tertentu, namun hal ini sangat jarang terjadi.

Beberapa makanan mungkin berinteraksi dengan obat antiepilepsi dengan mempercepat cara tubuh memetabolisme obat, sehingga menurunkan efektivitasnya, dan meningkatkan kemungkinan kejang. Makanan ini meliputi jeruk bali, delima, alkohol serta makanan dan minuman berkafein.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini