Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Generasi Muda Lakukan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Rio Adryawan, Jurnalis · Minggu 19 November 2023 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2023 11 19 620 2923186 cara-generasi-muda-lakukan-pengelolaan-lingkungan-hidup-dawgTcbsOa.jpg Generasi Muda Kelola Lingkungan Hidup (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Sebagai langkah dalam mencetak generasi hijau cinta lingkungan, Perum Perhutani memfasilitasi program pendidikan Green Youth Movement yang diikuti 1.979 orang pelajar dari 1.140 Sekolah Menengah Atas/Sederajat yang tersebar di 34 Provinsi seluruh Indonesia.

Green Youth Movement adalah program pendidikan dasar gerakan lingkungan hidup bagi para generasi remaja muda yang diinisiasi Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan (LHK) dan Institut Hijau Indonesia. 

Program ini merupakan wadah bagi generasi muda untuk bertukar pengetahuan dalam melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai cara untuk bertindak dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup memfasilitasi generasi muda untuk berbagi cerita dan bertukar pengalaman terhadap pengelolaan lingkungan hidup, meningkatkan pemahaman.

Serta pengetahuan tentang perlindungan & pengelolaan lingkungan hidup dan meningkatkan pengetahuan mengenai isu-isu lingkungan hidup secara aktual.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menyampaikan bahwa wisuda pendidikan Green Youth Movement dan pengukuhan Green Ambassadors sangat dinantikan karena kedepan diperlukan perannya sebagai stimulan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat serta pada akhirnya akan berujung sebagai calon pemimpin di masa yang akan datang dan peduli kepada lingkungan.

Follow Berita Okezone di Google News

Siti Nurbaya menuturkan bahwa pengukuhan ini berdasarkan keputusan Menteri LHK nomor : 1221/MEN-LHK/SETJEN/Kum.0/XI/2023 tanggal 16 November 2023.

Ia berharap akan terus muncul Green Ambassador berikutnya dari perspektif lain lingkungan yang dipahami dalam spektrum lingkungan yang cukup luas. Semangat para pemuda dalam upaya mitigasi rehabilitasi dan pengelolaan lingkungan hidup perlu disadari sebagai kekuatan besar dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup yang terus diupayakan untuk menjadi semakin baik dan terus dikerjakan sampa saat ini.

“Para Green Ambassadors yang saya cintai, hari ini menjadi sebuah semangat baru untuk langkah hijau masa depan Indonesia dimana ribuan pemuda-pemudi Indonesia akan menjadi pionir hebat di lingkungannya masing-masing akan membawa secercah harapan bagi kita semua. Pemuda sebagai agen perubahan dan pemimpin masa depan telah berpartisipasi dalam kepedulian lingkungan di seluruh dunia dan tidak terkecuali Indonesia,” terangnya.

Sementara itu Direktur SDM, Umum, & IT Perum Perhutani menyampaikan dukungannya terhadap Green Youth Movement tahun 2023 karena Perhutani turut berkontribusi dalam memfasilitasi 196 peserta di 15 simpul belajar yaitu Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bondowoso, KPH Jember, KPH Kediri, KPH Malang, KPH Banyumas Timur, KPH Cepu, KPH Pati, KPH Cianjur, KPH Kuningan, KPH Tasikmalaya, KPH Garut, KPH Purwakarta, KPH Bandung Utara, dan KPH Bandung Selatan.

“Kami berharap pada wisuda pendidikan Green Youth Movement tahun 2023 yang bertema ‘Memfasilitasi tumbuhnya generasi muda sebagai pelopor dan duta penyelamat lingkungan hidup dan kehutanan’ dapat melahirkan generasi cinta lingkungan yang kuat dan tangguh," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini