Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ribuan ABK WNI Dipulangkan dari Jerman ke Indonesia

Agregasi VOA, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 23 620 2218476 ribuan-abk-wni-dipulangkan-dari-jerman-ke-indonesia-O1W4cpPxVp.jpg (Foto: Courtesy/Kemlu RI)
A A A

JAKARTA - Hampir dua ribu anak buah kapal ABK warga negara Indonesia yang bekerja di kapal pesiar Jerman, TUI Cruises, telah dipulangkan ke Indonesia, dikutip Voaindonesia.

Ada hal unik pada pemulangan ABK Indonesia yang merupakan awak kapal pesiar Jerman, TUI Cruises, pada Selasa (20/5). Berbeda dengan serangkaian pemulangan sebelumnya yang dilakukan dalam satu bulan terakhir, pada pemulangan rombongan terakhir kali ini para ABK langsung dilepas oleh Duta Besar Indonesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno, seperti dilansir dalam siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ibu Kota Berlin, Jerman yang diterima VOA, Kamis (21/5).

Arif Havas bahkan langsung menyapa dan melepas ABK melalui mikrofon di dalam pesawat.

"Alhamdulilah teman-teman semua sudah negatif Covid-19 dari dua kali test PCR. Nanti kalau sudah kembali bekerja di Jerman, tiap 17 Agustus di Berlin ada pesta rakyat. Kalau teman-teman kangen aneka makanan Indonesia jangan lupa mampir ke KBRI Berlin, ya... Selamat sampai tujuan, stay healthy and safe flight," kata Arif Havas.

Hal itu sontak disambut gembira dan tawa para penumpang pesawat sewaan TUI Fly bernomor TB 8333 yang terbang dari bandara Hamburg pada pukul enam sore waktu setempat. Pesawat tersebut mengangkut 242 WNI ABK kapal pesiar grup TUI. Mereka merupakan awak dari kapal Mein Schiff 3, Mein Schiff 4, Mein Schiff 5 dan Mein Schiff 6.

Dari Hamburg, pesawat charter itu diterbangkan langsung menuju Denpasar, Bali, dengan jadwal ketibaan pada Rabu, 21 Mei 2020 pukul 13.00 WITA.

Pada pelepasan pemulangan terakhir ABK asal Indonesia itu, Arif Havas juga didampingi oleh Kuasa Usaha Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hamburg Aris Triyono dan Anat Widagdo, Konsul Muda KJRI Hamburg.

Kesempatan untuk berbicara langsung dengan ABK Indonesia di dalam pesawat melalui negosiasi cukup rumit. Tim KBRI Berlin dan KJRI Hamburg terus mencoba melobi pihak maskapai. Walhasil atas pertimbangan dan izin langsung dari kapten pesawat, hal tersebut akhirnya diperbolehkan.

Ini merupakan pesawat sewaan keempat disewa perusahaan TUI Cruises untuk memulangkan para awak kapal dari Indonesia. Tiga pesawat charter sebelumnya telah diterbangkan tanggal 10 dan 11 Mei 2020 dengan total penumpang sebanyak 819 kru.

Selain itu, perusahaan TUI Cruises juga telah memulangkan awak kapalnya ke Indonesia dengan menggunakan pesawat komersial, yaitu pada 8 Mei 2020 dengan jumlah penumpang 180. Dalam sebulan terakhir, TUI Cruises secara keseluruhan telah memulangkan 1.241 ABK dari Indonesia.

Tidak hanya perusahaan TUI, beberapa perusahaan kapal pesiar Jerman juga telah memulangkan krunya. AIDA Cruise sudah memulangkan 716 ABK WNI ke tanah air.

Keputusan untuk memulangkan ABK memang menjadi pilihan yang harus diambil pihak perusahaan. Sebab, sejak pertengahan Maret lalu, kapal-kapal pesiar tersebut berhenti beroperasi karena dampak pandemi Covid-19.

Sebagian besar kapal harus lepas jangkar di tengah laut, sambil menunggu penyelesaian proses pemulangan para kru sesuai dengan standar protokol yang ditetapkan.

Follow Berita Okezone di Google News

(ahl)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini