Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zona Merah, Masjid Agung Kudus Tak Gelar Sholat Jumat

Antara, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 620 2427361 zona-merah-masjid-agung-kudus-tak-gelar-sholat-jumat-im1LID7VtD.jpeg Masjid Agung Kudus (Foto : Antara)
A A A

KUDUS - Pengurus Masjid Agung Kudus, Jawa Tengah, memutuskan untuk tidak menyelenggarakan Sholat Jumat mengingat daerah setempat masuk kategori zona merah Covid-19 dan jamaah yang datang juga dari berbagai kota.

"Karena lokasi Masjid Agung Kudus yang berada di pusat kota, yang Sholat Jumat tidak hanya warga lokal saja, melainkan ada pula warga dari luar kabupaten yang kebetulan melintas maupun warga di luar kompleks masjid," kata Ketua Umum Pengurus Masjid Agung Kudus Noor Badi di Kudus, Jumat (18/6/2021).

Pertimbangan lainnya, kata dia, adanya surat edaran Bupati Kudus tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (​PPKM) skala mikro, sehingga pengurus memutuskan untuk tidak menyelenggarakan shalat Jumat.

Keputusan tersebut, kata dia, diambil dalam rapat pengurus masjid pada Rabu 16 Juni. Sedangkan untuk Sholat Jumat selanjutnya menunggu perkembangan.

Sementara untuk shalat lima waktu berjamaah, masih tetap menyelenggarakan seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat mulai dari pemakaian masker hingga penerapan jaga jarak saat shalat berjamaah. Apalagi jamaahnya tidak banyak dan mayoritas juga warga lokal.

Baca Juga : Covid-19 Bertambah 12.990, DKI Jakarta Tembus 4.737 Kasus

Meskipun Masjid Agung Kudus tidak menyelenggarakan shalat Jumat, masyarakat bisa memilih masjid sekitar yang diperkirakan hari ini masih ada yang menyelenggarakan Sholat Jumat.

Di pintu gerbang masuk Masjid Agung juga terpampang poster bertuliskan "mengingat Kudus masih zona merah, maka Masjid Agung Kudus tidak menyelenggarakan shalat Jumat". Keputusan serupa juga pernah diambil untuk shalat Jumat pada tanggal 27 Maret 2020.

Follow Berita Okezone di Google News

Beberapa warga Desa Demaan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, yang selama ini sering shalat di Masjid Agung Kudus berpindah ke masjid lain yang masih menyelenggarakan shalat Jumat.

Jiwanda, warga Desa Demaan mengakui tidak hanya Masjid Agung Kudus yang tidak menyelenggarakan shalat Jumat, termasuk masjid yang ada di dekat rumahnya juga sama. Akhirnya, dirinya pergi ke masjid yang ada di desa tetangga, yakni Kelurahan Kajeksan, Kecamatan Kota Kudus.

Burhanuddin, warga lainnya mengaku memilih shalat Jumat di masjid yang ada di Desa Krandon, setelah mengetahui Masjid Agung Kudus tidak menyelenggarakan kegiatan shalat untuk hari ini.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini