Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelabuhan Patimban Ditargetkan Ekspor 160.000 Kendaraan Tahun Ini

Antara, Jurnalis · Minggu 06 Maret 2022 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 06 620 2557078 pelabuhan-patimban-ditargetkan-ekspor-160-000-kendaraan-tahun-ini-TQr5Ucvk7e.jpg Pelabuhan Patimban. (Foto: Pelindo I)
A A A

JAKARTA - Pelabuhan Patimban ditargetkan untuk dapat melayani 160.000 unit kendaraan pada tahun ini. Hal itu diungkap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Dia menyebut, setelah car terminal sudah aktif kembali, maka target tahu ini bisa mencapai 160.000 kendaraan.

“Saat ini car terminal telah aktif berjalan selama 3 bulan dan ditargetkan pada tahun ini mencapai 160.000 unit kendaraan. Adapun total kapasitas terminal ini bisa mencapai 218.000 unit kendaraan per tahun baik internasional maupun domestik/antarpulau," kata Budi Karya dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Sabtu (5/3/2022).

 BACA JUGA:Tak Kuat Menanjak, Truk Kayu Terguling di Pelabuhan Ratu Tewaskan Pengemudi

Budi menjelaskan, Pelabuhan Patimban berkolaborasi dengan Pelabuhan Tanjung Priok untuk mendukung kegiatan logistik di Indonesia.

“Nanti akan ada pelabuhan kembar yang menjadi Hub. Pelabuhan Tanjung Priok melayani wilayah barat ke Bekasi dan Pelabuhan Patimban melayani dari Bekasi hingga ke wilayah timur Jawa,” jelasnya.

Dipastikan kalau Pelabuhan Patimban akan terus dikembangkan hingga mampu menampung sebanyak 7,5 juta Teus/tahun untuk petikemas dan 600.000 CBU untuk kendaraan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dia menerangkan, pelabuhan Patimban bersama Bandara Kertajati, Kawasan Bekasi, Karawang, Purwakarta ikut mendukung segi tiga kawasan pertumbuhan ekonomi yang akan saling terkoneksi, saling mendukung satu dengan yang lain.

Sehingga, nantinya bisa memiliki daya saing terutama untuk produk-produk ekspor khususnya di bidang otomotif.

"Kita harapkan semakin meningkatkan kehidupan masyarakat, memajukan industri, mendorong ekspor, dan memajukan negara tercinta," ucapnya.

 BACA JUGA:Menhub Bahas Progres Pelabuhan Patimban dengan Jepang

Selain itu, Bupati Subang Ruhimat menambahkan, jika dia optimistis keberadaan Pelabuhan Patimban akan turut mendorong perkembangan perekonomian rakyat seperti pertumbuhan zona industri dan pertanian di Subang dan sekitarnya.

"Kami berharap nantinya hasil industri dan pertanian Subang dapat diekspor melalui Pelabuhan Patimban," bebernya.

Sebagai informasi, sejak serah terima(handover) kepada PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI) pada Desember 2021 lalu, sudah dilakukan beberapa kali kegiatan ekspor dari Pelabuhan Patimban dengan tujuan ke Pelabuhan Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Singapura dan Jepang.

Tercatat bahwa Pelabuhan Patimban merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), yang memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan perekonomian di wilayah Jawa Barat dan juga secara nasional.

Di mana Pelabuhan ini akan menjadi cikal bakal kawasan industri dan perkotaan baru di Jabar bernama Rebana (Cirebon, Subang, Patimban dan Kertajati) Metropolitan.

Serta juga akan meliputi enam kabupaten dan satu Kota Cirebon, dengan jantung pertumbuhan kawasan Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati.

Pembangunan yang dilakukan sejak tahun 2018, telah memasuki Tahap 1-2 (2021-2023) yang meliputi pembangunan terminal peti kemas.

Lalu, kapasitasnya kini sampai 3,75 juta TEUs dan terminal kendaraan dengan kapasitas total sampai dengan 600.000 CBU serta Terminal kapal roro.

Untuk di dalam area pelabuhan saat ini terdapat fasilitas pelabuhan.

Fasilitas itu seperti dermaga peti kemas (420 m x 34 m), dermaga kendaraan (300 m x 33m), lapangan penyimpanan kendaraan (kapasitas 218.000 CBU), lapangan penumpukan peti kemas (kapasitas 250.000 TEUs), area reklamasi (60 Ha), pengerukan kolam (-10 m), jalan pelabuhan dan gedung administrasi.

Dalam acara ini terlihat kehadiran Plt Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Mugen S Sartoto, Direktur KPLP Capt. Weku Frederik Karuntu, Ari Syamsudin (PT. TMMIN-Toyota), Mr. Jibiki Koya (Nikkei Inc.), perwakilan Direksi Toyofuji Logistics, Dandim 0605 Subang, dan Kapolres Subang.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini