Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Work From Home, Yuk Senam Kegel Bareng Maria Vania

Karina Asta Widara , Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 22:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 31 620 2192086 work-from-home-yuk-senam-kegel-bareng-maria-vania-LcwLFKN0Jf.jpg

SENAM kegel bisa jadi salah satu pilihan untuk mengisi waktu kala work from home (WFH). Salah satu selebritas Indonesia, Maria Vania bahkan menganjurkan senam yang dapat memperkuat otot bagian vital perempuan ini juga dicoba kaum Adam.

"Saya akan mempraktikkan senam kegel yang bisa dilakukan di rumah, dan baik dilakukan oleh pria dan wanita,” buka lajang yang akrab disapa Vania di channel Youtube-nya yang dilansir Okezone, Selasa (31/3/2020).

Gerakan senam kegel yang berpusat di area pinggul selama ini memang diasosiasikan sebagi senam bagian intim perempuan. Bagi perempuan yang pernah melahirkan, senam ini bisa memperkuat otot vagina, sedangkan bagi yang belum menikah senam kegel bisa melatih otot pinggul supaya terlihat seksi.

(Baca Juga : Kontroversi Masker Trendi Mahal di Tengah Pandemi COVID-19)

Vania yang memiliki lebih dari 1,8 juta pengikut ini memang rajin mengunggah video tentang kebugaran tubuh dan kesehatan. Mulai diet, olahraga membesarkan otot, mengecilkan perut, senam kegel, sampai yoga.

Tanpa ragu Vania membagi pesan bahwa senam kegel bisa dilakukan kapan saja, oleh siapapun, dan di mana saja. Yang utama, katanya, konsistensi berlatih.

(Baca Juga : Waspada Corona COVID-19, Muncul Masker Bling-Bling Keren)

Kaum pria pun dapat mencoba senam kegel karena memperkuat otot dasar panggul. Apalagi jika kerap mengalami inkontinensia urine atau mudah mengompol saat bersin, batuk, atau tertawa, maka senam kegel bisa jadi latihan untuk mengatasinya.

Selain itu, orang yang mengalami urinary urge incontinence atau keinginan untuk kembali buang air kecil padahal baru usai buang air juga bisa mendapat manfaat senam kegel.

Ada beberapa kondisi yang membuat otot panggul lemah, seperti pasca-persalinan, mengejan berlebihan akibat konstipasi, atau berat badan berlebih. Manfaat senam kegel secara rutin adalah mengatasi lemahnya otot panggul terutama setelah melewati beberapa kondisi tersebut.

(Baca Juga : Wabah COVID-19 Merebak, Masker Jadi Tren Fashion Para Influencer)

Cara melakukan senam kegel yang tepat turut dibagikam oleh Vania. Dimulai dengan memperhatikan beberapa hal, seperti menemukan otot yang tepat, mencari posisi yang nyaman, hitungan waktu yang tepat, fokus membuat otot dasar panggul lebih kuat, teknis bernapas yang tepat.

(Baca Juga : Heboh Masker Louis Vuitton untuk Atasi COVID-19)

Selain itu, jika sudah terbiasa dengan senam kegel, maka repetisi bisa dilakukan hingga beberapa kali dalam sehari. Setiap kali melakukan senam kegel, lakukan tiga set secara berulang.

Selama melakukan senam kegel, otot lain di perut, punggung, juga pantat harus tetap rileks. Jangan pula berlebihan melakukan senam kegel karena otot juga bisa menjadi lelah dan justru tidak bisa menjalankan fungsi utamanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini