Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masak di Rumah Saat WFH? Dalgona Coffee hingga Pie Susu Teflon Layak Dicoba

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 07 620 2195704 masak-di-rumah-saat-wfh-dalgona-coffee-hingga-pie-susu-teflon-layak-dicoba-3TN993lXxO.jpg Dalgona Coffee (Foto: Instagram @Martha_jim)

Memasak jadi hobi baru banyak perempuan untuk mengurangi rasa bosan di sela Work From Home (WFH). Alhasil banyak kreasi resep baru yang hampir dipraktikkan sebagian orang di dapur sendiri.

Misalnya saja dalgona coffee yang sukses membuat orang penasaran. Ada lagi camilan manis yang juga mudah dibuat tanpa membutuhkan alat dan bahan yang rumit, pie susu teflon misalnya.

Di media sosial terlihat juga kreasi camilan stik kentang keju selalu muncul dalam feed Instagram misalnya. Ada pula donat kampung bertabur gula halus dan martabak telur sederhana yang mudah dibuat sendiri.

Ada suatu kepuasan tersendiri tentunya jika Anda berhasil mencoba resep makanan dan minuman kekinian itu. Walau di rumah saja, kalau ada camilan enak pasti semakin betah deh. Lalu bagaimana cara membuat makanan dan minuman kekinian yang sudah disebutkan Okezone tadi? Ini dia ulasannya, ditulis, Selasa (7/4/2020).

Dalgona coffee

Dalgona coffee pertama kali dikenal lewat satu tayangan reality show Korea, yang akhirnya viral di media sosial. Anda bisa menikmati kopi seenak di restoran dengan modal enggak sampai Rp50 ribu tapi bisa menikmati dalgona coffee sepuasnya. Ya, hitung saja Anda bisa membeli kopi hitam tanpa ampas dibanderol sekira Rp15 ribuan, lalu untuk susu segar full cream 1 liter biasanya dibanderol sekira Rp20 ribuan.

(Baca Juga : Kehebohan Dalgona Coffee Bikin Penasaran Orang dari Rumah ke Rumah)

Ditambah gula pasir stok di rumah sudah tentu ada. Anda tinggal membuat basic dalgona coffee dengan mencampurkan bubuk kopi, gula pasir dan air panas 2:1. Kalaupun bosan dalgona coffee bisa dikreasikan dengan biskuit atau jadi dessert dalgona coffee yang manisnya menggoda. Kalau bosan ngopi, Anda bisa mengganti dengan bubuk susu cokelat atau bubuk teh hijau, seperti yang sudah dicoba netizen.

Pie susu teflon

Tak perlu membeli pie susu di toko kue karena Anda bisa membuat sendiri di rumah. Alatnya pun enggak perlu pakai oven loh. Tinggal menggunakan teflon kesayangan di dapur Anda. Bahannya juga mudah didapat dan cara membuat pie susu teflon tidak sulit kok.

(Baca Juga : Jajal Bikin Sendiri Pie Susu Oleh-Oleh Makanan Khas Bali)

Tinggal siapkan tepung terigu, margarin cair dan telur untuk kulit pie. Kemudian tepung maizena, krimer kental manis dan telur untuk isian pie. Bentuk adonan kulit pie dan masak di atas teflon hingga matang. Step selanjutnya Anda membuat isian pie itu, masak di panci dengan api kecil. Setelah jadi, pie susu teflon siap dinikmati bersama anak dan suami.

Stik kentang keju

Anak bosan makan nasi atau mi, Anda bisa menjajal stik kentang keju loh. Atau bahkan stik kentang keju juga bisa menjadi teman WFH agar semakin menyenangkan. Cara membuatnya adalah tinggal menyiapkan kentang yang sudah direbus lalu dilumatkan, taburi tepung maizena secukupnya, keju parut dan beri oregano atau daun seledri yang sudah dicacah.

(Baca Juga : 4 Cara Unik Sajikan Kentang Goreng Gurih)

Bentuk adonan kentang dengan alat penggiling lalu potong memanjang. Goreng hingga coklat keemasan. Jadi deh stik kentang keju yang gurihnya nagih!

Donat kampung

Siapa yang tak rindu dengan manisnya donat kampung alias donat kentang. Anda juga bisa membuatnya untuk mengusir rasa bosan di rumah aja loh. Ya, siapkan bahan dasar tepung terigu, kentang kukus lumatkan, ragi instan, gula pasir, kuning telur, susu bubuk dan tambahkan sedikit air atau susu segar.

(Baca Juga : Di Rumah Aja, Ayu Ting Ting Pamer Bikin Donat Kampung Lezat)

Buat adonan donat kampung dan diamkan sampai mengembang. Goreng donat yang sudah dibentuk bulat. Setelah matang taburi dengan meses atau gula halus. Lembut dan nikmatnya terasa di lidah!

Martabak telur

Rindu martabak telur gerobakan tapi tidak ingin keluar rumah? Anda bisa kok membuatnya di rumah. Pakai kulit pangsit dan buat adonan telur yang dicampur dengan banyak irisan daun bawang, taburi garam dan daging cincang. Masukkan telur kocok itu di kulit pangsit, tunggu minyak panas dan goreng. Buat pemula yang baru belajar masak mudah banget loh membuat martabak telur ini. Camilan ini juga sangat cocok dijadikan teman WFH biar makin semangat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini