Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandemi Virus Corona, Masjid Ini Disulap Mirip Supermarket

Ragiel Try Julianto, Jurnalis · Minggu 19 April 2020 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 19 620 2201593 pandemi-virus-corona-masjid-ini-disulap-mirip-supermarket-uCwPCodj40.JPG

RASULULLAH dan para sahabat selalu memberi teladan bahwa masjid bukan sekadar tempat ibadah seperti sholat, iktikaf, atau majelis dzikir.

Masjid tidak pernah absen dalam seluruh denyut nadi persoalan manusia, seperti yang terlihat ketika pandemi virus Corona berlangsung di seluruh belahan dunia.

Komunitas muslim di Birmingham, Inggris menghayati fungsi sosial masjid tersebut. Masjid Green Lane di Small Heath, Birmingham merupakan masjid pertama yang mengalihfungsikan gedungnya untuk penanganan dampak sosial virus Corona.

Dilansir dari metro.co.uk, Minggu (19/4/2020) para relawan berusaha memberikan aktivitas positif kepada warga sekitar masjid tanpa memandang status sosial dan agama.

Jumlah korban positif corona

"Para relawan ini benar-benar menempatkan diri mereka di garis depan. Saya pikir mereka sama pentingnya dengan tim medis karena mereka bekerja tak kenal waktu," terang Kepala Divisi Kesejahteraan Masjid Green Lane Saleem Ahmed.

(Baca Juga : Intip Perjuangan Perawat Berjibaku Lawan Corona COVID-19)

Operasional masjid pun beralih untuk melayani kebutuhan warga setempat, mulai dari pemakaman sampai penyaluran bahan pangan serta konsumsi. Selama hampir empat minggu terakhir, Kamran Hussain, Kepala Pusat Komunitas Masjid Green Lane mengamati berbagai aksi nyata telah dilakukan. Mereka telah memberikan lebih dari 300 paket makanan.

Agar kerjanya lebih efektif, pihak masjid menggandeng Komunitas Muslim Hands, sebuah badan amal berbasis di Inggris. Komunitas ini telah mengirimkan ribuan makanan gratis dan meluncurkan hotline multibahasa untuk kaum lanjut usia yang terisolasi di rumah.

Menyusul Birmingham, umat Muslim di Derby memiliki tim yang terdiri dari 500 relawan. Mereka menyediakan layanan pertolongan kunjungan rumah dan membagikan makanan.

(Baca Juga : Lagu Favorit Gus Dur Bikin Wartawan BBC Kaget)

Jamaah Masjid Ghausia, Lockwood, Inggris juga tergerak hatinya untuk membantu asupan makanan bagi tim medis di garda terdepan penanggulangan virus Corona. Sebagai bentuk apresiasi, mereka mengirimkan ratusan paket pizza ke beberapa rumah sakit yang ditujukan buat staf medis.

Menilik fenomena tersebut, Dewan Muslim Inggris mengapresiasi komunitas Muslim telah merealisasikan pekerjaan luar biasa sesuai peran mereka sebagai bagian dari aksi nasional untuk memerangi virus Corona.

Gerakan sosial serupa dirintis oleh seorang imam masjid di Turki. Imam muda yang tidak mau diekspos identitasnya ini tinggal di area Sariyer, Kota Istanbul.

Ia memanfaatkan ruangan tempat menitipkan barang-barang jamaah sebagai tempat penyaluran bahan pangan pokok. Kotak-kotak penyimpanan disulapnya menjadi tempat display makanan seperti supermarket.

(Baca Juga : Bintang Tsurayya Muncul, Tanda-Tanda Wabah Corona Berakhir?)

Meski kegiatan berjamaah masjid telah disetop, sang imam mempersilakan jamaah maupun masyarakat yang membutuhkan bahan pangan mengambil di ruangan tadi. Ide sang imam ini muncul karena jamaah dan warga sekitar masjid banyak yang kehilangan pekerjaan di tengah pandemi virus Corona.

Komunitas masjid di Turki ini pun menempelkan tulisan di kaca agar masyarakat tidak segan memanfaatkan bantuan dari para dermawan tersebut. "Ambil apa saja yang dibutuhkan, berikan apa yang kau mampu," begitu bunyi pesannya.

Selain menyediakan bahan pangan mentah serta makanan instan, masjid ini juga menerima paket makanan jadi yang akan disalurkan kepada yang membutuhkan.

(Baca Juga : Keajaiban Sedekah, Malaikat Sampai Turun Tangan Hempaskan Prajurit Nabi Sulaiman)

Selain sebagai tempat ibadah, kata masjid terdapat dalam QS. al-Haj: 40. Sedangkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah (bertasbih) terdapat dalam QS. An-Nur: 36-37. Meski dalam pengertian sehari-hari masjid merupakan bangunan tempat sholat kaum Muslim, tetapi karena akar katanya mengandung makna tunduk dan patuh, hakikat masjid adalah tempat melakukan segala aktivitas yang mengandung kepatuhan kepada Allah.

Masjid juga berfungsi sebagai pusat pendidikan, pusat kebudayaan yang menautkan antara hal duniawi dan ukhrawi, antara yang ardli dan yang samawi. Maka, aksi kaum Muslim di berbagai belahan dunia dalam mengatasi virus Corona secara bersatu padu tadi telah menggambarkan proses memaknai fungsi masjid secara komprehensif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini