Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tren Masak di Kalangan Selebriti saat Pandemi Corona, Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 20 April 2020 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 20 620 2201966 tren-masak-di-kalangan-selebriti-saat-pandemi-corona-ternyata-baik-untuk-kesehatan-mental-QmtjoCZft2.jpg Tren masak di kalangan selebriti saat pandemi corona (Foto : @[email protected]/Instagram)

Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar orang harus menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, termasuk kalangan selebriti. Ragam aktivitas dilakukan selebriti selama karantina di rumah saja demi memutus rantai penyebaran COVID-19.

Kini muncul tren baru di kalangan selebriti, yakni memasak. Beberapa selebriti menunjukkan hasil kreasi masakan mereka selama di rumah.

Mulai dari Ayu Ting Ting yang belakangan menjadi lebih sering mengunggah kreasi masakan di akun Instagram pribadinya. Mulai dari donat kampung, bakpao, cucur hingga yang terakhir cireng.

Ayu Ting Ting

"Hoollaaaa cireng hehehehe???????? #stayhome #cookingathome," tulisnya dalam sebuah unggahan foto di Instagram.

(Baca Juga : 7 Hidangan Kreasi Ayu Ting Ting Selama di Rumah Aja)

Tidak hanya Ayu Ting Ting, pedangdut lainnya, Inul Daratista juga menjadi lebih rajin posting resep hidangan kreasinya. Pedangdut yang identik dengan goyang ngebor tersebut pernah membagikan resep membuat adonan pizza.

Kebetulan, anak laki-laki semata wayangnya, Yusuf Ivander Damares, ingin dibuatkan pizza oleh sang ibu. Maka Inul Daratista pun membuat adonan pizza sendiri di rumah saja.

"Anakku minta dibuatin pizza, ga boleh kalah enaknya sama pizza h*t katanya??," ungkap Inul Daratista di laman Instagramnya @inul.d.

Selain kedua penyanyi dangdut tersebut, ada nama Raisa Andriana yang mendadak mencuri perhatian karena membuat hidangan kesukaan suaminya, Hamish Daud.

Raisa membuat hidangan pasta agar semakin disayang oleh suami. Dia mengaku memasak pasta favorit suami dengan sepenuh hati.

“Pengin bikin konten musik, tapi kok ya jadinya masak. Enggak apa-apa ya! Ini pasta kesukaannya @hamishdw," tulis Raisa, pada unggahan video IGTV-nya.

Nah, di balik tren masak yang seperti menjadi hobi baru kalangan selebriti, ternyata ada manfaatnya lho. Seorang ahli menjelaskan bahwa memasak juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Tentu hal ini berdampak baik di tengah Pandemi COVID-19.

"Memasak di rumah baik untuk kesehatan mental, karena memasak adalah tindakan kesabaran, fokus, jalan keluar untuk ekspresi kreatif, sarana komunikasi, membantu meningkatkan harga diri seseorang. Karena si juru masak dapat merasa senang melakukan sesuatu yang positif untuk keluarga, diri mereka sendiri atau orang yang dicintai," jelas Ohana pendiri Culinary Art Therapy di West Bloomfield, Michigan.

(Baca Juga: 7 Manfaat Masak di Rumah bagi Kesehatan Mental)

Saat Anda memasak untuk diri sendiri atau orang lain, Anda menetapkan tujuan yang dapat dicapai untuk diri sendiri. Hal ini cocok dengan jenis terapi yang dikenal sebagai aktivasi perilaku.

Menurut Society of Clinical Psychology, aktivasi perilaku dapat digunakan untuk mengobati depresi dan kecemasan dengan menghasilkan sesuatu. Dalam konteks memasak, makanan buatan rumah adalah hasil positif. Jadi, tunggu apalagi? Anda juga bisa meniru aksi selebriti dengan rajin masak saat di rumah saja, biar hati lebih senang dan juga bikin bahagia orang-orang di rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini