Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

FIFA Distribusikan Rp2,3 Triliun untuk Bantu Klub yang Alami Masalah karena Virus Corona

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 25 April 2020 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 25 620 2204787 fifa-distribusikan-rp2-3-triliun-untuk-bantu-klub-yang-alami-masalah-karena-virus-corona-OGC0xzt32i.jpg Logo FIFA (Foto: FIFA)

ZURICH – Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) mendistribusikan bantuan dengan total nilai sebesar 150 juta dolar atau sekira Rp2,3 triliun untuk klub-klub yang mengalami masalah ekonomi imbas Virus Corona (Covid-19). Presiden FIFA, Gianni Infantino, pasalnya sadar bahwa tak sedikit klub-klub yang nasibnya kini di ujung tanduk akibat wabah Virus Corona.

Sebagaimana diketahui, karena terjadi pandemi Corona, maka hampir seluruh kompetisi sepakbola di dunia pun ditangguhkan. Tak ayal, pemasukan yang diperoleh pihak klub pun berkurang jauh. Sebab, mereka tak ada pemasukan dari tiket pertandingan dan pendapatan dari sponsor pun berkurang.

Baca juga: Polemik Pemain Habis Kontrak 30 Juni 2020, Bertahan atau Angkat Kaki?

Disebutkan bahwa setiap asosiasi anggota akan menerima bantuan sebesar 500 ribu dolar (Rp7,7 miliar) bersama dengan sisa dana lain yang akan diterima. Pembayaran penuh biasanya hanya diterima jika kriteria tertentu dipenuhi, tetapi FIFA mengakui perlunya melaksanakan rencana bantuan keuangan dengan cepat di tengah krisis Covid-19.

Presiden FIFA, Gianni Infantino

"Pandemi telah menyebabkan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi seluruh komunitas sepakbola. Sebagai badan pengatur dunia adalah tugas FIFA untuk berada di sana dan mendukung mereka yang menghadapi kebutuhan akut,” ujar Infantino, menyadur dari Be Soccer, Sabtu (25/4/2020).

"Ini dimulai dengan memberikan bantuan keuangan langsung kepada asosiasi anggota kami, yang banyak di antaranya mengalami kesulitan keuangan yang parah. Ini adalah langkah pertama dari rencana bantuan keuangan berjangkauan luas yang kami kembangkan untuk menanggapi keadaan darurat di seluruh komunitas sepakbola,” lanjutnya.

"Bersama dengan para pemangku kepentingan kami, kami menilai adanya kerugian dan kami sedang mengerjakan perangkat yang paling tepat dan efektif untuk mengimplementasikan tahapan lain dari rencana bantuan ini," pungkas pria Italia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini