Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saat Pandemi Corona Bawa 'Berkah', Profesi Koki Dadakan Bermunculan

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 30 April 2020 21:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 620 2207520 saat-pandemi-corona-bawa-berkah-profesi-koki-dadakan-bermunculan-uJm9mu0Dtq.jpg Pepes Tuna Kreasi Koki Dadakan Dini

Pandemi virus corona (COVID-19) yang tengah melanda dunia nyatanya tak hanya bikin nelangsa, tapi juga membawa ‘berkah’ bagi sebagian orang.

Kebijakan pshysical distancing hingga berujung work from home (WFH) bagi mayoritas kaum pekerja memunculkan banyak waktu longgar hingga berujung bosan. Muncul lah koki-koki dadakan serta usaha kreatif sampingan untuk sekedar mengisi waktu hingga menambah pundi-pundi.

Sebut saja Dini, wanita yang sehari-hari bekerja sebagai pegawai negeri sipil ini karena pandemi corona mendadak jadi koki dadakan di rumah. Sembari tetap bekerja dari rumah, Dini mengusir rasa bosan di rumah dengan memasak dan berdagang olahan pepes ikan tongkol. Dalam sehari dia mampu menjual puluhan porsi pepes ikan tongkol kepada para pelanggan.

Kepada Okezone, Dini mengisahkan ia berdagang makanan ini untuk mengisi waktu dan mengusir bosan karena sudah WFH sejak 17 Maret 2020 lalu. Alasan lainnya, untuk mencari kesibukan sehingga tak tergoda keluar rumah.

pepes tongkol kreasi dapur mami

(Baca Juga : Viral Menghias Meses di Atas Roti Tawar, Teuku Wisnu: Netizen Multi Talenan)

Tetap memiliki tanggung jawab utama sebagai PNS, Dini yang sehari-hari bisa memproduksi 40 pepes ikan tongkol tersebut punya trik WFH sambil berdagang. Perempuan ini selalu menyiapkan dagangan yang hendak diolah esok hari satu hari sebelumnya.

Kemudian, untuk pekerjaan utama sebagai PNS, Dini membuat daftar target pekerjaan secara mingguan. Dibantu sang suami soal layanan antar, pekerjaan utama Dini pun tidak terganggu.

Aktivitas serupa juga dilakoni Nani, salah satu staf humas di sebuah kementerian. Dia juga menyambi berdagang di rumah. Nani bahkan sudah aktif berdagang frozen risol sejak 2016 silam. Selama pandemi corona, usahanya pun tetap lancar.

(Baca Juga : Bosan dengan Gorengan, Coba Masak Setup Roti Lumer untuk Berbuka Yuk!)

Mengatur waktu bekerja sebagai PNS dan berwirausaha, Nani menerapkan sistem pre-order ke para pelanggannya. Senin sampai Jumat kerja kantoran, begitu akhir pekan ia sibuk mengurusi pesanan yang masuk.

Jika awal berdagang ia hanya memproduksi sekitar 30 box, kini angka produksinya melonjak drastis. Nani menuturkan, lonjakan pemesanan ini karena bulan Ramadhan dan situasi pandemi COVID-19, yang memicu banyak orang berburu makanan beku agar praktis dan bisa lebih lama disimpan. Tak heran, sekarang pesanannya berkisar 300 sampai 350 box dalam sepekan.

Tetap bekerja sehari-hari sebagai PNS sembari berdagang, Nani mengaku dirinya tidak sempat bosan karena tiga hari dalam satu pekan ia tetap harus pergi ke kantor ditambah lagi aktivitas mengurus usahanya.

Selain jadi koki dadakan untuk berdagang, ada juga masyarakat yang menyulap diri menjadi chef dadakan untuk sekedar mengisi waktu luang agar produktif dan tidak bosan selama di rumah saja.

Contohnya salah satu netizen pengguna media sosial TikTok dengan akun bernama “@sherenveliaaaas”. Jika dilihat dari beranda laman akun TikTok pribadinya tersebut, netizen satu ini sangat sering memasak selama masa karantina mandiri atau PSBB saat pandemi corona saat ini.

Sering memasak, tidak heran sudah berbagai menu masakan dia coba di dapur rumahnya. Mulai dari bola kentang keju, macaroni schotel, pastel tutup ala hotel, makaroni pedas goreng, hingga dessert seperti kue bolu marmer, kue sus, milshake biskuit karamel.

(Baca Juga : Gaya Cantik Cinta Laura Pakai Topi Face Shield)

Sama halnya dengan dengan akun “@sherenveliaaaas”, netizen lainnya, Alex melalui akun TikTok pribadinya, “cheekykiddo” juga kerap memilih memasak di rumah sebagai aktivitas untuk mengisi waktu luang.

Begitu pula dengan beranda linimasa akun TikTok @Alex, dipenuhi berbagai tutorial resep aneka masakan yang dimasak sendiri selama karantina di rumah saat masa PSBB.

Mulai dari sajian makanan berat seperti ayam pandan ala Thailand, fuyunghai rumahan, nasi gyudon sapi ala restoran cepat saji, ayam teriyaki, aneka pasta, niku udon ala restoran Jepang, hingga menu camilan yang bisa menjadi ide menu untuk dagangan mulai dari pisang cokelat, bakwan jagung, martabak mini sosis, teh susu, okonomiyaki khusus vegetarian, garlic cheese bread, sampai kopi latte dalgona yang sedang hits.

(Baca Juga : Putuskan Hijrah, Begini Gaya Hijab Artis-Artis Mualaf)

Okezoner juga tertarik untuk mulai jadi koki dadakan? Ayo, coba ‘turun’ sendiri ke dapur, praktikkan aneka resep masakan. Siapa tahu Okezoner bisa menjual hasil masakannya dan jadi peluang bisnis baru di tengah pandemi Corona.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini