Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Tips Menghindari Pencurian Modus Pecah Kaca Mobil

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 06 Mei 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 06 620 2210129 6-tips-menghindari-pencurian-modus-pecah-kaca-mobil-mWwIIjU7cy.jpg Ilustrasi. (Foto: Sindonews.com)

JAKARTA - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus memberikan tips bagi pengendara untuk mengindari tindakan pencurian modus pecah kaca mobil Tips ini diberikan setelah peristiwa pencurian di Depok.

"Kita punya lima tips agar terhindar dari pencurian pecah kaca," kata Yusri kepada wartawan, Rabu (6/5/2020).

Pertama, hal yang harus dierhatikan oleh pengemudi adalah tempat parkir. Harus diperhatikan, apakah parkiran yang digunakan aman atau tidak. Masyarakat terkadang asal memarkirkan kendaraanya dan malas mencari titik-titik parkir yang lebih aman.

"Saat parkir di tempat umum, sebaiknya mobil diparkirkan di tempat yang cukup ramai dan mudah dipantau oleh pemilik mobilnya," tuturnya.

Kedua, buka salah satu kaca kendaraan agar menyulitkan pelaku kejahatan memecahkan kaca.

Kombes Yusri Yunus. (Foto: Okezone.com)

Ketiga, masyarakat diminta menggunakan alarm pada mobil. "Sangat penting untuk pasang alat pengaman seperti sensor tambahan, alarm ganda, atau electrical cut-off. Ini perlu dilakukan untuk mobil yang belum disematkan fitur immobilizer dalam mencegah mobil dibawa kabur juga oleh para pelaku kejahatan," ujarnya.

Baca juga: Viral Video Crazy Rich Surabaya Bagikan Kardus Mi Instan Berisi Uang

Keempat, pemilik mobil disarankan memasang kaca film. Penggunaan kaca ini tidak menganggu pandangan pemilik mobil saat berkendara, namun pelaku kejahatan kesulitan melihat barang-barang yang berada dalam mobil.

"60 persen bagian dari mobil merupakan kaca mobil. Untuk itu disarankan bagi para pemilik mobil untuk memilih kaca film yang sulit terlihat dari luar, tapi tidak mengganggu visibilitas berkendara," tambahnya.

Kelima, para pengemudi maupun penumpang harus memastikan barang berharga disimpan di lokasi aman, bukan diletakkan di kursi.

"Bisa menyimpan barang berharga di tempat tertutup dalam mobil. Manfaatkan kompartemen tertutup seperti glove box, laci atau bagasi, juga bisa manfaatkan tray penutup di bagasi bagi pemilik mobil SUV atau hatchback," ucapnya.

"Jika tidak tersedia tempat atau kompartemen tertutup yang memadai, barang berharga bisa disimpan di kolong jok mobil atau ditutupi dengan benda gelap agar dari luar mobil terlihat samar," imbuh Yusri.

(qlh)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini