Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Tanaman Herbal Ini Ampuh Atasi Stres

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 11 Mei 2020 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 11 620 2212428 7-tanaman-herbal-ini-ampuh-atasi-stres-QFxTD4DahI.jpg Ginseng Korea (Foto : Healthydatabase)

Imbauan pemerintah untuk mematuhi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat sebagian besar orang harus tetap di rumah. Terlalu lama di rumah karena pandemi corona bisa menimbulkan banyak dampak, salah satunya kesehatan mental.

Beberapa orang mulai merasa cemas, tertekan hingga stres karena terlalu lama di rumah. Bagaimana mengatasi masalah ini?

Selain dengan melakukan beragam aktivitas yang positif, mengonsumsi tanaman herbal bisa menjadi solusi. Beberapa tanaman herbal dipercaya dapat mengatasi stres dan cemas yang berisiko melemahkan daya tahan tubuh. Karena itu, mengonsumsi tanaman herbal juga penting guna menjaga imunitas.

Berikut tanaman herbal yang dapat membantu mengatasi stres, dikutip dari Boldsky :

Jahe

Jahe

Jahe kaya akan antioksidan, sehingga dapat mengatasi stres. Penelitian dalam jurnal ilmiah Biomolecular and Clinical Aspects menunjukkan, jahe dapat mengurangi berbagai jenis stres oksidatif karena banyaknya radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh.

Ketika Anda mengonsumsi jahe yang kaya antioksidan, ini akan menjadi cara efektif untuk menghilangkan radikal bebas. Hal ini pada akhirnya juga akan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

(Baca Juga : Rajin Sikat Gigi Dapat Cegah Penularan COVID-19)

Ginseng

Ginseng

Dalam penelitian Journal of Gingseng Research, ginseng korea dapat mengatur respon imun, perubahan hormon karena stres, mengurangi peradangan, mengurangi kecemasan hingga depresi akibat stres. Tapi, konsumsi ginseng juga tidak boleh sembarangan.

Karena, ginseng korea dapat berinteraksi dengan obat medis, terutama obat penyakit jantung dan hipertensi. Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi ginseng korea, baiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Lavender

Lavender

Mendengar kata lavender pasti Anda langsung berpikir ke bunga yang dapat mengusir nyamuk. Tapi, ternyata lavender tidak hanya ampuh mengusir nyamuk, tetapi juga stres. Dikutip dari Healthline, hal ini karena lavender memiliki efek sedatif halus yang memengaruhi sistem saraf dan membantu mengurangi kecemasan serta depresi.

Karena efeknya tersebut, bunga lavender banyak dimanfaatkan sebagai bahan anti-depresan yang dikombinasikan dengan bahan herbal lainnya.

Ginkgo Biloba

Gingko

Ekstrak daun ginkgo biloba mengandung flavonoid dan terpenoid yang ampuh meredakan stres serta kecemasan. Cara kerjanya, tumbuhan berjuluk pohon rambut gadis ini menangkal efek produksi hormon stres yang tidak terkendali, seperti adrenalin dan kortisol.

Kumis Kucing

Kumis Kucing

Kumis kucing dipercaya memiliki sifat penenang yang dapat membantu proses relaksasi pada manusia. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan US Enviromental & Protection Agency. Mereka menemukan, kumis kucing dapat digunakan untuk mengatasi masalah stres, kecemasan hingga insomnia.

Passion Flower

Passion Flower

Passion Flower terbukti meningkatkan kadar neurotransmitter gamma-aminobutyric di otak. Selain itu, bunga berwarna ungu ini juga bisa mengurangi kecemasan, meningkatkan ketenangan dan mengatasi stres.

Hal ini dibuktikan studi dalam Journal of Clinical Pharmacy Therapeutics. Pengujian dilakukan pada individu yang menderita kecemasan. Mereka diberi ekstrak passion flower selama satu bulan.

Kemudian, individu tersebut melaporkan penurunan perasaan cemas dan stres serta peningkatan kualitas tidur. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa menggunakan passion flower kering untuk membuat teh atau bisa juga ekstrak lain dalam bentuk cair, kapsul, atau tablet.

(Baca Juga : Heboh Bajaj Bajuri Prediksi COVID-19 17 Tahun Lalu, Ini Faktanya!)

Chamomile

Teh Chamomile

Chamomile mempunyai zat anti-inflamasi yang bersifat menenangkan. Selain itu, tumbuhan dari Eropa ini dapat meringankan efek samping dari stres, misalnya diare dan masalah tidur.

Hal ini diperkuat sebuah penelitian oleh Jurnal Phytomedicine yang menunjukkan, individu mengonsumsi 1500 mg chamomile setiap hari mengalami penurunan stres dan kecemasan. Hal yang perlu dicatat, chamomile dapat menyebabkan kantuk, maka tidak disarankan dikonsumsi saat hendak pergi ke luar rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini