Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virgin Orbit Gagal Misi Peluncuran Roket Pertama

Agregasi VOA, Jurnalis · Selasa 26 Mei 2020 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 620 2219772 virgin-orbit-gagal-misi-peluncuran-roket-pertama-7gnijxKtRc.jpg (Foto: CNet)
A A A

JAKARTA - Virgin Orbit milik Richard Branson, Senin (25/5) gagal dalam uji coba roket baru oleh Boeing 747 dan diluncurkan di atas Samudra Pasifik di lepas pantai California Selatan, dikutipĀ Voaindonesia.

Peluncuran perdana tampak berjalan baik hingga beberapa saat setelah roket dilepaskan dari bawah sayap kiri jumbo jet yang dijuluki Cosmic Girl.

"Kami mengonfirmasi pelepasan roket dari pesawat. Namun, misi itu dihentikan segera menuju penerbangan. Cosmic Girl dan kru penerbangan dalam keaadaan aman dan kembali ke pangkalan," kata Virgin Orbit melalui akun Twitter resmi mengomentari peluncuran tersebut.

Tidak ada pemberitahuan lebih lanjut mengenai kemungkinan kendala dengan roket yang membawa satelit uji tersebut.

Jet jumbo yang telah dimodifikasi lepas landas dari Mojave Air and Space Port di gurun utara Los Angeles dan meluncur tepat di luar Kepulauan Channel, di mana pelepasan roket terjadi.

Roket itu seharusnya jatuh selama beberapa detik sebelum langkah pertama dari dua tahapan dinyalakan dan mendorongnya ke pantai menuju Kutub Selatan untuk memasukkan muatan yang ditampilkan ke orbit Bumi yang rendah.

Penerbangan Virgin Orbit itu bertujuan mengumpulkan data pada setiap langkah proses peluncuran daripada menggunakan satelit yang mengorbit.

Upaya tersebut dilakukan setelah lima tahun pengembangan roket LauncherOne sepanjang 21,3 meter.

Follow Berita Okezone di Google News

(ahl)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini